Di Sidang PBB Indonesia Berkomitmen Jaga Perdamaian

Jakarta, Posbaru – Pada hari Rabu 23 September 2020 dalam sesi Debat Umum Sidang Majelis Umum Ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digelar secara daring, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengajak di tengah pandemi ini, seluruh Negara bersartu serta selalu menggunakan pendekatan win-win pada hubungan antarnegara yang saling menguntungkan.

Ia juga menyampaikan keprihatinannya, sebab ditengah pandem ini mash terjadinya kemiskinan, kelaparan, penghormatan integritas dan kedaulatan wilayah di berbagai belahan dunia.

Jokowi menyebutkan bahwa jika rivalitas dan perpecahan terus terjadi maka pijakan bagi stabilitas serta perdamaian akan goyah bahkan bisa sirna.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan berperan sebagai bridgebuilder yang menjadi tekad Indonesia dalam berkontribusi bagi perdamaian dunia sesuai dengan amanat konstitusi.

Indonesia juga akan mengedepankan spirit kerjasama yang menguntungkan semua pihak tanpameninggalkan satu negarapun, hal tersebut juga yang ditekankan oleh Ir Soekarno pada Konferensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955, yang menghasilkan Dasasila Bandung.

Hingga saat ini prinsip tersebut masih sangat relevan termasuk juga penyelesaian perselisihan dengan cara damai, pemajuan kerjasama, dan penghormatan pada hukum internasonal.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa Palestina adalah satu-satunya Negara yang hadir dalam Konferensi Asia Afrika yang hingga saat ini belum menikmati kemerdekaannya. Untuk itu Indonesia konsisten memberikan dukungan agar Palestina mendapatkan hak-haknya.

Menurutnya Indonesiaakanterus menjaha Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil dan sejahtera. “Pada hari jadinya yang ke-53, 8 Agustus 2020 yang lalu, ASEAN kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan. Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo-Pasifik, melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pasific,” ujarnya.