Doni Murdano Resmikan RS Lapangan untuk Pasien Covid-19 di Jatim

Doni Murdano Resmikan RS Lapangan untuk Pasien Covid-19 di Jatim

Surabaya – Posbaru – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo hari ini meresmikan Rumah Sakit (RS) Lapangan Provinsi Jawa Timur Indrapura yang didirikan untuk memperkuat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya penanganan COVID-19 di Kota Surabaya Raya dan sekitarnya.

Dalam sambutannya Doni berharap agar dukungan RS tersebut dapat juga dapat meringankan beban RS rujukan, sehingga tenaga kesehatan dapat lebih fokus dan memiliki energi yang lebih dalam menangani dan perawat pasien COVID-19.

Doni berharap dukungan rumah sakit tersebut dapat meringankan beban rumah sakit rujukan. Dengan begitu tenaga kesehatan dapat lebih fokus dan memiliki energi lebih dalam menangani dan merawat pasien Covid-19.

“Pak Menteri Kesehatan selalu mengatakan jangan biarkan rumah sakit penuh pasien. Kalau penuh pasien, dokter dan perawatnya akan kelelahan, sehingga kemampuannya dalam menangani pasien menjadi berkurang,” kata Doni melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Rabu (2/6/2020).

Menurut Doni pasien dengan kondisi ringan atau sedang yang terinfeksi Covid-19 sebaiknya cukup dirawat di Rumah Sakit Lapangan.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang hadir bersama Ketua Gugus Tugas dalam peresmian Rumah Sakit Lapangan memberi apresiasi atas etos kerja pemerintah daerah mendirikan RS darurat khusus Covid-19 tersebut.

Rumah Sakit Lapangan Indrapura saat ini memiliki 271 tempat tidur yang tersedia di tenda, ruangan besar atau hall, dan di dalam gedung.

Kapasitas tersebut masih dapat dikembangkan secara bertahap dengan total maksimal hingga 512 tempat tidur.

Operasional Rumah Sakit Lapangan Indrapura direncanakan berlangsung selama enam bulan terhitung dari Juni hingga November 2020.

Kemudian, untuk pinjam pakai dialokasikan selama 12 bulan, terhitung mulai Juni 2020 hingga Mei 2021.

Dalam kegiatan operasionalnya, Rumah Sakit Lapangan Provinsi Jawa Timur berada di bawah kendali Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur.

RS Lapangan Indrapura berada di bawah pendampingan RSUD Dr. Soetomo serta

Sedangkan dalam kegiatan operasionalnya, RS Lapangan Provinsi Jawa Timur berada di bawah kendali Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur dengan pendampingan RSUD Dr. Soetomo serta supervisi oleh Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

“Sampai saat ini sudah 14 pasien yang dirawat, masing-masing tujuh laki-laki dan tujuh perempuan,” ujar Ketua Gugus Tugas Rumpun Kuratif Percepatan dan Penanganan Covid-19 di Jatim dr Joni Wahyuhadi di Surabaya, seperti dikutip dari Antara.
Ia menyampaikan, seluruh pasien tersebut sebagian besar berasal dari Kota Surabaya. “Tapi seluruhnya dalam kondisi baik karena termasuk pada kategori ringan,” ucap Direktur Utama RSUD dr Soetomo tersebut.

Anda Mungkin Suka