Dorong Ekosistem Startup Lokal Melalui Program BEKUP

Jakarta, Posbaru – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatof/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), luncurkan program Baparekraf for Startup (BEKUP), yang bertujuan mendorong ekosistem startup di Indonesia.

Josua Simanjuntak, Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, mengatakan bahwa melalui program ini Kemenparekraf ingin membuka kesempatan lebar bagi pelaku usaha, dan mendorong terciptanya inovasi digital serta kemampuan adaptasi startup lokal.

Ia menjelaskan, melalui teknologi digital, pihaknya berharap ada akselerasi bisnis yang membuat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa pulih dengan cepat. Dan dengan adanya kesempatan yang diberikan program ini, pelaku usaha juga dapa fokus dan berinovasi untuk menjadi solusi dalam menanggulangi dampak dari COVID-19.

Menurutnya, Indonesia memiliki 5 startup terbaik, yaitu Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, Ovo, dan Gojek yang sudah tercatat menjadi decacorn. Jika bercermin dari 5 startup itu, pemeringah ingin menumbuhkan startup yang mereplikasi startup unicorn dan decacorn yang ada.

Karena Indonesia jangan sampai hanya jadi pasar karena besarnya populasi di Indonesia maka besar juga Marketnya.

Untuk pendaftaran program ini akan dibuka di Jakarta pada 20 Juli 2020, lalu akan diikuti batch kedua di Surabaya 29 Juli, Ketiga di Bali 7 Agustus, Keempat di Medan 20 Agustus, dan kelima di Makasar pada 1 September.

Setelah melalui proses seleksi nantinya startup ini akan dibina dan dipilih sebanyak 40 startup terbaik yang akan masuk tahap inkubasi dengan mentor kompeten dalam industri startup digital.