Ekonomi di Jawa Barat Mulai Membaik

Kota Bandung, Posbaru – Pada konferensi pers usai memimpin rapat mingguan Komite Kebijakan Gedung Sate di Kota Bandung, Senin (26/10/20), Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) mengatakan akses perbankan warga Jabar sekarang sudah sangat baik.

“Secara umum, ekonomi membaik, kredit yang disalurkan perbankan banyak, yang gagal bayar sedikit,” ujarnya.

Merujuk pada jumlah kredit yang mencapai 1,55%, dimana angka tersebut berada diatas angka nasional yakni 1,04% dan Non Performing Loan (NPL) atau Kredit Macet di angka 3,17% (lebih rendah dari angka nasional yaitu 3,22%).

Kang Emil menyebutkan bahwa kapasitas produksi dan SDM (Sumber Daya Manusia) yang bekerja sudah 60,1% yang artinya telah mengalami kenaikan yang dulu turun drastis, Ia juga berharap hingga akhir bulan Desember 2020 dapat terus meningkat hingga 100%.

Oleh sebab itu untuk mendorong para UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), Kang Emil menghimbau agar masyarakat kelas menengah rajin berbelanja di UMKM.

“Ini tidak bermaksud pemborosan, tapi ini adalah menolong UMKM yang hampir mati dan yang mau PHK agar tidak terjadi krisis ekonomi berkepanjangan,” katanya.

Anda Mungkin Suka