Ekosistem : Pengertian, Komponen, Jenis dan Contoh

Posbaru – Hai Kawan, hari ini kita akan membahas Ekosistem dari mulai pengertian, komponen, jenis dan contoh, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Ekosistem

Adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara mahkluk hidup dengan lingkungannya. Dapat dianggap juga sebagai suatu tatanan kesatuan utuh dan menyeluruh antara semua elemen lingkungan yang memengaruhi satu sama lain.

Suatu Ekosistem dapat terdiri dari berbagai macam elemen penyusun. Mahkluk hidup, air, siklus energi, tanah, bebatuan, dan mineral adalah contoh elemen penyusun terbentuknya suatu ekosistem.

Hubungan antar elemen ini, tidak hanya terjadi antar mahkluk hidup dan lingkungan fisiknya namun juga antar spesies yang menghuni ekosistem tersebut dimana setiap ekosistem yang ada mempunyai keunikan tersendiri yang bisa dengan mudah dibedakan.

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli

Ekosistem dijelaskan sebagai hubungan timbal balik antar manusia dan lingkungannya, di mana manusia merupakan bagian integral dari ekosistem tempat hidupnya. (Buku 'Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta' karya Hartono).
Ekosistem adalah tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi dalam bentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup. (Undang-undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup).

Komponen Ekosistem

Komponen bisa dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

Komponen Abiotik

Adalah komponen tak hidup dimana sebagian besar komponen ini bervariasi dalam ruang dan waktu, komponen abiotik dapat berupa bahan organik, senyawa anorganik, dan faktor yang memengaruhi distribusi organisme yakni suhu, air, garam, sinar matahari, tanah, batu, dan iklim.

Komponen Biotik

Adalah anggota dari ekosistem yang berupa mahkluk hidup, dalam lingkungan ini ada hubungan antar organisme yang saling menguntungkan atau-pun merugikan bahkan dapat terjadi persaingan dalam memenuhi kebutuhan masing-masing.

Jenis – Jenis Ekosistem

Ekosistem Darat

Berlangsung di daratan serta berpengaruh dengan keadaan tanah, iklim, kelembapan, curah hujan, dan sinar matahari.

Berdasarkan letak geografis-nya, ekosistem darat terbagi menjadi enam bioma yaitu guru, taiga tundra, hutan gugur, hutan hujan tropis, dan padang rumput.

Ekosistem Perairan

Pada ekosistem ini dipengaruhi oleh pancaran sinar matahari, substrat, serta jumlah materi terlarut. Dan jika kandungan garam yang terlarut sedikit maka ekosistem dikenal sebagai perairan tawar sedangkan jika kadar garam tinggi dikenal sebagai ekosistem laut. Contohnya adalah ekosistem laut dalam, terumbu karang, dan sungai.

Ekosistem Buatan

Ekosistem ini diciptakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya contoh ekosistem buatan yakni bendungan, peternakan, ladang, tambak, akuarium, pemukiman dan perkotaan.

Itulah pengertian ekosistem secara umum serta menurut para ahli, komponen, jenis – jenis dan contohnya, semoga bermanfaat.