Gempa Hari Ini : Magnutido 6.1 Guncang Laut Jawa

Posbaru – Wilayah Laut Jawa Hari Ini diguncang gempa tektonik pada Selasa (7/7) Pukul 05.54 WIB. Menurut analisa BMKG, gemppa tersebut memiliki parameter update dengan magnutido 6.1.

Kemudian episenter gempa terletak di koordinat 5.77 LS dan 110.64 BT, tepatnya berlokasi di Laut Jawa arah Utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah dengan jarak 85 km serta kedalaman 539 km.

Gempa tersebut diakibatkan adanya deformasi atau penyesaran pada lempeng yang tersubduksi di bawah Laut Jawa.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menyebutkan bahwa gempa yang terjadi disebut sebagai “Depp Focus Earthquake”, dimana slab lempeng Indo-Australia yang menujam dan menukik di bawah Laut Jawa menggantung kemudian putus diakibatkan adanya tarikan gaya gravitasi atau proses lempeng yang menggulung balik.

Ia juga mengatakan, karena hiposenter gempa dalam maka spectrum guncangan akan dirasakan dalam wilayah yang luas.

Untuk itu guncangan gempa ini dapat dirasakan secara luas hampir sebagian wilayah pulau Jawa, Bali, Lombok dan Sumatra bagian selatan seperti daerah Karagkates, Nganjuk,Yogyakarta, Purworejo, Kuta, Mataram, Denpasar, Kebumen, Banjarnegara, Pangandaran, Karangasem, Lombok Barat, Garut, Boyolali, Krui, Sekincau, Semaka, dan Gianyar bali.

BMKG juga menyebutkan gempa ini tidak berpotensi Tsunami, namun hingga pukul 06.25 WIB pagi tadi menurut hasil monitoring BMKG menunjukan belumadanya aktivitas gempa susulan.