Gempa Terjadi di Wilayah Sumatera dan Jawa

Jakarta – Posbaru – BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) memonitor dua gempa bumi terjadi berselang dua menit pada Kamis ini (30/4). Gempa tersebut terjadi di wilayah Sumatera dan Jawa.

Gempa pertama terjadi pada pukul 15.20 WIB yang bermagnitudo 5,6, Gempa dengan kedalaman 10 km ini memiliki koordinat 24 km barat laut Padang Lawas, 33 km barat laut Mandailing Natal, 36 km tenggara Padang Sidempuan, di wilayah Sumatera Utara. 

Gempa ini dirasakan kuat oleh masyarakat di Padang Lawas dan Padang SIdempuan. Warga setempat sempat panik saat terjadi goncangan. Sedangkan di wilayah Mandailing Natal, warga merasakan getaran sedang. Pegawai BPBD Kabupaten Mandailing Natal sempat mengevakuasi diri keluar dari Gedung. BPBD di dua tempat tadi memantau kondisi lapangan pascagempa. 

Setelah Berselang dua menit, gempa terjadi lagi di wilayah Jawa pada pukul 15.22 WIB. Gempa bermagnitudo 5,0 ini berada di kedalaman 24 km. 

Titik episenter gempa berada 48 km tenggara Kabupaten Sukabumi, 58 km barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat, serta 71 km tenggara Bayah, Banten. Masyarakat di Kabupaten Sukabumi merasakan getaran berkekuatan sedang selama 1 hingga 2 detik. 

BMKG merilis bahwa kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.