Hari Pemungutan Suara Ditetapkan Sebagai Libur Nasional

Jakarta, Posbaru – Pemerintah tetapkan hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur.

Hal tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan yang luas bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

Penetapan hari libur tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2020 yang telah ditandatangani Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada 27 November 2020.

Keputusan tersebut mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, sesuai Diktum Kedua dalam Keppres tersebut.

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pastikan proses pengolahan logistik Pilkada Serentak 2020 sesuai protokol kesehatan dari mulai produksi hingga distribusi.

Menurut I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Anggota KPU, semua proses telah dikoordinasikan dan telah bekerjasama dengan pihak terkit seperti Bawaslu, TNI/Polri, dan Satgas Penanganan COVID-19.

Pihaknya juga berharap agar masyarat pemilih tidak khawatir untuk datang ke TPS, sebab semua pengolahan logistic sudah sesuai dengan protokol kesehatan.