Hindari Resesi Pemerintah Siapkan 3 Strategi

Jakarta, Posbaru – Agar terhindar dari resesi, Pemerintah menggunakan seluruh instrumen untuk memulihkan ekonomi Indonesia terutama di Kuartal III tahun 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa terdapat 3 strategi percepatan pemerintah yakni akselerasi eksekusi program PEN, memperkuat konsumsi pemerintah, serta memperkuat konsumsi masyarakat.

Strategi percepatan penyerapan kuartal III menjadi kunci untuk mengurangi kontraksi ekonomi bahkan pihaknya berharap hal tersebut dapat menghindari technical ressesion yakni dua kuartal negative berturut-turut meski jika dilihat di kuartal kedua, konstraksi bidang konsumsi dan investasi cukup menantang, dibutuhkan kerja semua pihak untuk memulihkan.

Kemudian dipercepatnya penyerapan serta memperbaiki ketetapan sasaran penyaluran tahap selanjutnya pada program PEN yang telah ada dan memiliki alokasi DIPA.

Lalu percepatan proses penyelesaian regulasi dan revisi DIPA pada program PEN baru agar bisa dieksekusi dilakukan untuk program baru yang data dan mekanisme penyalurannya tersedia.

Sedangkan untuk program usulan baru yang tidak didukung data valid serta membutuhkan perubahan regulasi yang rumit akan dialihkan untuk penguatan program yang telah ada (Eksisting) yang implementatif.

 “Untuk akselerasi dari program eksisting terus dilakukan percepatan dan tentu karena banyak program mencapai sampai Desember memang ada yang pencairannya per bulan seperti bansos,” ujar Sri Mulyani.