Ilmu Pengetahuan dan Teknologi IPTEK Pengertian, Dampak, DLL

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi IPTEK Pengertian, Dampak, DLL

Posbaru – Halo kawan, di dalam artikel ini berisi pembahasan lengkap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mulai dari pengertian, dampak negatif dan positif, serta contoh penerapannya.

Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau disingkat dengan nama IPTEK adalah sumber informasi yang dapat meningkatkan wawasan (pengetahuan) seseorang dalam bidang teknologi atau juga merupakan sesuatu yang berhubungan dengan teknologi contohnya penemuan teknologi maupun perkembangan teknologi.

Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa IPTEK adalah sumber informasi besar yang serta dapat menyebar ke semua orang untuk menghasilkan sebuah produk bermanfaat.

Pengertian IPTEK Menurut Para Ahli

Adalah benda atau peralatan yang berwujud beda dengan manusia dan berfungsi sebagai pembantu pekerjaan manusia. Hasilnya, manusia tidak perlu lagi menyelesaikan pekerjaannya menggunakan tangan secara langsung. Naisbit.

Ilmu Pengetahuan tentang teknik yang bisa membuat manusia terpacu untuk mengetahui seluk beluk bidang industri, oleh sebab itu, IPTEK sering dikaitkan dengan kegiatan pabrik (industri) dan berkat adanya IPTEK manusia bisa mengerjakan berbagai macam pekerjaan dengan praktis. Poerbawadja Harahap

Usaha yang dilakukan manusia untuk menghasilkan sebuah hal bernilai lebih. Contohnya, dengan adanya IPTEK pekerjaan bisa melebihi target yang ditentukan, dan memanfaatkan IPTEK bisa sangat menguntungkan, khususnya dalam bidang produksi. Miarso.

Dampak Positif IPTEK

  • Meringankan pekerjaan manusia.
  • Membuat segala hal menjadi cepat dan mudah.
  • Membawa manusia lebih maju dan modern.
  • Ekonomis dan efektif.
  • Memudahkan berkomunikasi tanpa batas.
  • Memperluas jaringan dari berbagai aspek.
  • Menambah pengetahuan.

Dampak Negatif IPTEK

  • Jika digunakan tidak benar dpaat merusak moral bangsa yang tidak sesuai dengan pancasila yang mana internet salah satu media IPTEK mempunyai konten negatif.
  • Jika tidak digunakan dengan bijak, IPTEK bisa membuat malas seseorang sebab IPTEK dirancang untuk memudahkan dan memanjakan manusia.
  • Dapat menjadi alat tindakan kriminal, salah satunya adalah “Carding” sebuah tindak kriminal yang dilakukan melalui internet dengan bentuk pembobolan kartu kredit.

Contoh Penggunaan IPTEK

1. Smartphone

Penggunaan Smartphone (Ponsel Pintar) adalah contoh umum yang bisa kalian temui kapanpun dan dimanapun. Ponsel pintar ini bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer manusia di era digital seperti saat ini, sebab perangkat tersebut sangat praktis dengan segala akses kemudahan yang ditawarkannya contohnya komunikasi, informasi, belanja, belajar, hingga hiburan.

2. Laptop

Penggunaan laptop hampir sama dengan ponsel pintar namun berukuran lebih besar dan bisa membantu manusia melakukan pekerjaannya seperti mengetik, edit video/foto, media pembelajaran, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Teks Diskusi

3. Mesin Produksi

Penggunaan mesin produksi biasanya dapat dijumpai di perusahaan manufaktur, hal ini juga merupakan salah satu contoh kemajuan IPTEK yang berasal dari revolusi industri. Dimana manusia digantikan oleh mesin yang bisa memproduksi barang dengan cepat, murah, dan tanpa praktis, walau masih membutuhkan manusia sebagai pengendalinya.

Itulah penjelasan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mulai pengertian, dampak positif dan negatif, serta contoh penerapannya.

Anda Mungkin Suka