Indonesia Luncurkan 5 Produk Alkes Untuk Penanganan COVID-19

Jakarta, Posbaru – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Satuan Tugas Riset dan Invonasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC-19) membuat produk inovasi alat kesehatan untuk penanganan COVID-19. Produk yang diluncukan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) Rabu lalu (20/05).

Alat kesehatan itu berupa RDT kit, PCR tes kit, artificial intelligence pendeteksi COVID-19, mobile laboratorium bio safety level 2 dan emergency ventilator.

Produk ini mendorong ekosistem dalam negeri, khususnya bidang kesehatan, dan disisi lain produk karya anak bangsa terwadahi yang dapat mendukung kesiapandan ketahanan nasional dalam konteks penyakit menular.

Menurut kepala BPPT Riza menyebutkan jika TFRIC-19 adalah model ekosistem inovasi yang terbangun karena dorongan kebutuhan bersama, hal ini terpicu karena ada rasa kebersamaan yang kuat untuk berbuat sesuatu.  

“Untuk itu ditegaskan olehnya, ekosistem inovasi yang sudah terbangun ini harus diteruskan dan diberi penguatan. Berbagai produk inovasi karya anak bangsa pun telah dihasilkan dari sinergi ini yang memang difokuskan untuk penanganan pandemi ini,” ujarnya.

Ia juga berharap agar inovasi teknologi untuk subtitusi impor, ketahanan nasional, sudah saatnya jadi prioritas, cara ini juga termasuk upaya untuk mendorong tumbuhnya industri hulu dan industry antara.

Inovasi  TFRIC-19 adalah sinergi dan kerja sama antara 11 lembaga litbang, 18 perguruan tinggi, 11 asosiasi atau komunitas, 3 rumah sakit, 2 industri dan 6 start up.

“Sudah semestinya kita patut bersyukur, aksi-aksi TFRIC-19 telah dapat dilaksanakan dengan sangat baik, dan beberapa produk inovasi TFRIC-19 telah berhasil kita luncurkan kepada masyarakat, dan mendapatkan apresiasi serta dukungan penguatan hilirisasi dari Bapak Presiden Joko Widodo dalam acara peluncuran virtual, siang tadi,” ujarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *