Inilah Perbedaan Earphone, Headphone, Headset, dan Handsfree

Posbaru – Earphone, Headphone, Headset, dan Handsfree memang mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mendengarkan audio, namun sebenarnya terdapat perbedaan fungsi lain pada keempat perangkat tersebut yang kebanyakan orang tidak tahu sehingga mereka salah mengira.

Bahkan beberapa orang menyangka keempat perangkat tersebut sama, oleh sebab itu Kita akan mengulas perbedaan dari semua perangkat tersebut, inilah perbedaannya !.

1.Earphone

Inilah Perbedaan Earphone, Headphone, Headset, dan Handsfree
Inilah Perbedaan Earphone, Headphone, Headset, dan Handsfree

Earphone ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana, sebab memiliki bentuk yang sederhana, dan kecil. Selain itu cara menggunakannya juga sangat mudah yakni kalian hanya perlu menyumbatkannya ke lubang telinga.

Meski bentuknya sederhana dan kecil, namun perangkat satu ini hanya bisa digunakan untuk mendengarkan audio dan tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi ataupun merekam suara.

Perangkat ini juga terbagi menjadi dua jenis yakni :

  • In Ear Monitor (IEM), menggunakan karet pada bagian yang disumbatkan ke lubang telinga dimana karet tersebut berfungsi untuk memperjelas suara tanpa adanya gangguan dari luar.
  • Earbud, bagian yang disumbatkan ke lubang telinga berbahan plastic bundar yang keras dan suara dari luar masih bisa terdengar sehingga kualitas suara tidak terlalu bagus.

2.Headphone

Headphone

Sama dengan Earphone, perangkat ini tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi dan hanya memiliki fungsi untuk mendengarkan audio namun dengan kualitas yang tinggi, oleh sebab itu Headphone sangat banyak digunakan oleh para penikmat ataupun pembuat musik.

Selain itu, kualitas audio yang tinggi membuat semua suara sekecil apapun dapat terdengar menggunakan perangkat ini, serta perangkat ini terbagi menjadi dua jenis yakni On Ear dan Over Ear (Full Size).

3.Handsfree

handsfree

Perangkat ini bisa digunakan untuk mendengarkan audio maupun alat bantu komunikasi atau merekam suara, namun kualitas audionya kurang baik dan ukurannyapun lebih kecil, kelebihan dari Handsfree adalah harganya yang murah dan fungsinya yang hampir lengkap.

Baca Juga : 5 Cara Membersihkan Handphone yang Baik

4.Headset

Sama dengan Handsfree, perangkat ini mempunyai dua fungsi yakni mendengarkan audio dan alat bantu komunikasi atau merekam suara, namun dengan kualitas yang lebih baik.

Bahkan audio yang dihasilkan bisa sama dengan kualitas audio Headphone. Selain itu Headset mempunyai dua ukuran yakni besar seperti Headphone dan kecil seperti Earphone.

Itulah perbedaan Earphone, Headphone, Headset, dan Handsfree yang perlu kalian ketahui agar tidak salah mengira ataupun membeli tanpa mengetahui fungsi lainnya.

Anda Mungkin Suka