Inilah Perbedaan Monera dan Protista Beserta Penjelasannya

Inilah Perbedaan Monera dan Protista Beserta Penjelasannya

Posbaru – Halo Kawan, Kali ini kita akan membahas perbedaan Kingdom Monera dan Protista, namun sebelum membahasnya kalian harus terlebih dahulu paham yang dimaksud dengan Kingdom Monera dan Protista, Berikut Penjelasannya.

Kingdom Monera

Adalah kelompok organisme yang inti sel nya belum mempunyai membran inti (prokariotik), meski begitu organisme ini mempunyai bahan inti berupa asam inti atau DNA (Deoxy Ribonucleic Acid / Asam Deoksiribonukleat).

Monera bisa ditemukan pada mahkluk hidup lain atau benda mati, kelompok Kingdom Monera berkembang biak dengan cara membelah diri, tunas, atau fragmentasi.

Beberapa dari mereka hidup sebagai organisme soliter dan yang lainnya hidup berkoloni, untuk spesies koloni bisa ditemukan sebagai filamen (rantai pendek).

Organisme yang bereproduksi aseksual ini terbagi menjadi dua kelompok yakni Archaebacteria dan Eubacteria.

Kingdom Protista

Adalah organisme eukariot pertama (paling sederhana) dan merupakan organisme eukariotik yang mempunyai membran inti sel, serta mencakup berbagai jenis mahkluk hidup.

Baca Juga : Resep Bubur Sumsum Mudah

Protista juga dianggap sebagai bentuk awal dari mahkluk hidup tanaman, jamur, dan binatang, serta berkembang biak dengan cara membelah diri.

Sekumpulan protista disebut phytoplankton yang mempunyai sel dari selulosa serta mampu berfotosintesis. Beberapa dari protista adalah predator dan tidak memiliki dinding sel.

Perbedaan

Perbedaan utama terletak dalam beberapa hal, mereka adalah organisme bersel satu namun monera tidak memiliki inti sel sedangkan protista punya.

Dibanding dengan protista, struktur dari monera lebih sederhana dengan ukuran yang juga lebih kecil. Untuk memperoleh nutrisi monera dapat menguraikan bahan organik sedangkan protista bisa menjadi parasit atau berfotosintesis.

Jika protista lebih mudah ditemukan di perairan, tanah basah, atau tempat yang tidak terkena cahaya maka monera bisa ditemukan di mana saja.

Perbedaan Karakteristik

Struktur Sel
Monera mempunyai susunan sel prokariotik bersel satu dan tidak mempunyai organel yang melindungi membrane sedangkan Protista mempunyai sel eukariotik bersel satu dengan organel yang dilindungi membran.

Moda Nutrisi
Monera biasanya menghasilkan makanan sendiri (autrotof) atau tidak bisa menghasilkan makanan sendiri (heterotrof), sedangkan Protista moda nutrisinya adalah fotosintesis, holozoic, atau parasit.

Flagella dan Cilia
Biasanya tidak ditemukan Flagella dan Cilia pada Monera sedangkan untuk Protista beberapa organisme mempunyai struktur tersebut untuk pergerakan.

Kelompok Organisme
Pada Monera kelompok organismenya adalah bakteri, alga hijau biru, dan cyanbacteria, sedangkan protista diatom, protozoa, dan alga bersel satu.

Baca Juga : Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan Serta Persamaannya

Reproduksi
Monera reproduksinya membelah diri atau bertunas (aseksual), sedangkan Protista bisa aseksual atau pembelahan biner (pembelahan banyak).

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment