Jabar Akan Gelar Tes Masif di Puncak

Kota Bandung, Posbaru – Meski destinasi wisata belum resmi dibuka, namun kerumunan dan kepadatan terjadi di beberapa titik kawasan puncak. Untuk itu Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) menyebutkan bahwa pihaknya akan menggelar tes masif di kawasan puncak pada akhir pekan ini, untuk mencegah penularan COVID-19.

Tes masif akandilakukan menggunakan Mobile COVID-19 Test yang sudah dilengkapi degan alat rapif test dan Alat Pelindung Diri (APD).

Kang Emil juga mengatakan, pembukaan sejumlah sektor harus disertai peningkatan kewaspadaan, agar penyebaran virus COVID-19 bisa dikendalikan serta kegiatan ekonomi bisa mulai bergerak.

Menurutnya, Test masif yang dilakukan bukan hanya sebagai upaya pencegahan penularan, namun juga untuk mendapatkan peta sebaran yang komprehensif, melacak kontak terapapar virus, mendeteksi keberadaan virus, dan memastikan status pasien.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Divisi Kominkasi Publik Hermansyah, menghimbau warga Jabar agar tidak takut untuk mengikuti tes masif, Karena pelaksanaan tes masif yang dilakukan mengikuti semua prosedur yang ditetapkan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).