Jabar Fokus Tambah Kapasitas Fasilitas Kesehatan

Kota Bandung, Posbaru – Tingkat keterisian rumah sakit rujukan COVID-19 di Jawa Barat (Jabar) sudah 44%, namun ketersediaan ruang perawatan dan isolasi pasien positif COVID-19 di wilayah Kota bogor, Kab. Bogor, Bekasi, dan Depok (Bodebek) sudah menurun seiring dengan meningkatnya kasus positif COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Kang Emil) pada 14 September 2020, Ia juga mengatakan agar pasien positif COVID-19 dapat ditangani cepat, Gugus Tugas Jabar sedang mematangkan opsi rujukan pasien antarkabupaten/kota.

Menurutnya, di wilayah Bodebek kondisi yang paling mengkhawatirkan adalah di Kota Depok, sementara untuk Kab.Bogor kondisinya masih terkendali sebab angka ketersian rumah sakit berada di bawah 40%.

Untuk itu pihaknya menggagas sebuah kolaborasi, Ia mencontohkan apabila Depok kewalahan maka Kab.Bogor dapat menerima pasien dengan KTP Depok, hal tersebut didasarkan pada kemanusian, dan saat ini pihaknya terus berkoordinasi terkait dengan fasilitas kesehatan tersebut. Kang Emil juga berencana meninjau kondsi rumah sakit rujukandi sejumlah daerah yang dimulai dari Kota Bandung, lalu ke Bogor dan Depok, untuk membuat upaya penguatan dan pemetaan

Bagikan ?

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment