Jabar Punya 3.800 Posko COVID-19 di Tiap Desa/Kelurahan

Kota Bandung, Posbaru – Jawa Barat (Jabar) telah mempunyai 3.800 posko COVID-19 tingkat desa/Kelurahan, hal tersebut seperti dipersayaratkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021.

Sedangkan sekitar 1.500 desa/Kelurahan yang belum memiliki posko, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Kang Emil) meminta pemkab/pemkot untuk segera membentuknya dalam 2-3 hari mendatang.

Terkait dengan anggaran, pihaknya juga telah menyiapkannya dengan menggunakan dana desa yang sudah disetujui oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal.

“Selama tahun 2020 Jabar sudah membangun posko COVID-19 di 3.800 desa dan kelurahan sehingga kami hanya butuh membangun 1.500-an posko dan itu akan dilakukan dalam dua sampai tiga hari ini dengan menggunakan dana desa yang sudah mendapat persetujuan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa posko COVID-19 yang diisi personel TNI/Polri akan bertugas melakukan pencegahan, tracing dan merekomendasikan tempat isolasi.

“Posko ini memiliki tugas khusus untuk melakukan pencegahan, tracing dan rekomendasi treatment, personilnya anggota TNI Polri dan mitra,” katanya.