Jaga Imunitas Dan Rohani Selama Ramadhan Di Tengah Pandemi COVID-19

Jakarta – Posbaru – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan masyarakat Indonesia harus senantiasa menjaga imunitas baik secara jasmani maupun rohani di dalam menghadapi pandemi COVID-19 terutama di bulan Ramadan.

“COVID-19 ini bisa dilawan melalui imunitas dan tingkat imunitas itu dibangun melalui dua hal yakni jasmani dan rohani,” ujar Mahfud dalam konferensi video yang diadakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu (25/4).

Ia juga menuturkan yang dilakukan untuk penguatan imunitas secara jasmani yakni berolahraga, makan bergizi yang cukup dan teratur, tidur dengan baik, dan minum vitamin. Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh harus dijaga agar tetap sehat.

Menurutnya masyarakat juga harus tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial sehingga turut membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sementara secara rohani, warga bisa melaksanakan ajaran-ajaran ibadah termasuk ibadah Ramadan yang baik karena ibadah mendukung ketenangan hati, dan ketenangan hari merupakan separuh dari kekuatan imunitas. Ujar Mahfud.

“Ibadah dengan baik agar hati tenang, tentram dan nyaman sehingga imunitas bertambah,” ucapnya.

Mahfud juga Kembali menuturkan takwa diterjemahkan ke dalam dua sifat yakni ritual dan sosial. Yang sifatnya sosial berarti menjaga orang lain di dalam pergaulan agar tidak membahayakan dan dibahayakan oleh orang lain.

Sementara yang sifatnya ritual bisa dilakukan di rumah diantaranya dengan membaca Alquran dan shalat tarawih di rumah.