Jakpro Kerjabareng Forkompimda Jakarta Utara Bangun Dapur Umum TNI-Polri bagi Warga Jakarta

Jakpro

Jakarta, Posbaru.com –PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro), BUMD DKI Jakarta, merekondisi lokasi yang digunakan sebagai Dapur Umum TNI-Polri dengan menurunkan alat berat, material dan penerangan.

Dapur Umum ini diperuntukan bagi masyarakat rentan yang terdampak COVID-19, di Jakarta Utara. Inisiatif ini dari Forkompimda Jakarta Utara untuk jangka waktu yang belum ditentukan, berlokasi di Kampung Bandan yang berjarak kurang lebih 5 kilometer dari lokasi proyek strategis Jakarta International Stadium (JIS). Teknis di lapangan, Jakpro didukung tim proyek JIS (KSO Wika Gedung, PP dan Jaya Konstruksi), demikian diungkapkan Iwan Takwin, Direktur Proyek JIS dalam siaran persnya kepada Posbaru.com,Senin, (20/04/2020).

“Kami berkoordinasi dengan Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol. Budhi Herdi Susianto guna memastikan lokasi yang dikondisikan untuk Dapur Umum ini sesuai dengan ekspektasi,” ujar Iwan.

Iwan menegaskan, pengadaan dan sarana pendukung yang dimobilisasi cepat ini untuk kebutuhan perbaikan akses jalan, penambahan fasilitas penerangan dan pengecoran bidang seluas 250 m2 untuk kegiatan masak memasak.

Kawasan Dapur Umum ini ditata dalam waktu 2 (dua) hari dengan menurunkan personil TNI-Polri, dan 10 orang tenaga Sipil beserta 3 orang tenaga M.E.P (Mechanical, Electrical,and Plumbing) dari proyek stadion JIS, urainya.

“Tim dari Proyek JIS melakukan pengeringan lahan tanah basah dengan pasir batu (sirtu) sehingga menjadi nyaman untuk akses masuk area Dapur Umum. Sementara untuk jalan yang tidak rata dan pengecoran untuk lantai area dapur akan dilakukan besok pagi. Kami juga menambahkan lampu untuk membantu penerangan kawasan lokasi,” tambah Iwan.

Keberadaan Dapur Umum TNI-Polri merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah

masa sulit bagi masyarakat terdampak tidak dapat mencari nafkah dalam situasi pandemik. Dapur Umum menyediakan makan gratis dengan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan masyarakat rentan, ujarnya menegaskan.

Iwan mengatakan, dalam tata laksana Dapur Umum dipersiapkan tetap memperhatikan prinsip physical distancing (jaga jarak aman) seluruh kru dapur hinggap roses distribusi makanan.

TIdak hanya itu, bagi mereka yang akan memasuki area Dapur Umum, Jakpro melalui tim proyek juga menyiapkan unit bilik sterilisasi ramah lingkungan dan fasilitas cuci tangan. Kesehatan dan keselamatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 sangat diperhatikan. “Targetnya selama dapur umum itu berjalan akan kita support terus dari sisi teknisnya,” pungkas Iwan. (Rien)

Anda Mungkin Suka