Jenis-Jenis Batik Berdasarkan Cara Pembuatannya

Indonesia memiliki beragam jenis batik seperti batik Mega Mendung, Tujuh Rupa, Parang Kusumo dan lain sebagainya. Selain motifnya yang beragam, batik juga memiliki beberapa jenis teknik pembuatan, yakni sebagai berikut:

Batik Tulis

Jenis-Jenis Batik Berdasarkan Cara Pembuatannya
Batik Tulis

Sebuah batik yang dibuat menggunakan canting dapat membuat motif batik akan lebih bertahan lama hingga 2-3 bulan.

Proses pembuatan dengan teknik batik tulis dimulai dengan membuat desain (molani) kemudian dilanjutkan melukis dengan lilin atau malam menggunakan canting (menyanting). Setelah itu masuk ke proses pemberian warna, lalu meluruhkan lapisan liln pada kain batik (melorot). Dan yang terakhir adalah proses penjemuran batik.

Pembuatan batik tulis sendiri tidak memiliki motif pengulangan dan ukuran motif pun lebih kecil dibandingkan batik cap.

Teknik batik tulis memiliki perbedaan dengan teknik lain yang terletak pada ornamen satu dengan yang lainnya agak berbeda namun bentuknya sama. Dimana bentuk isen-isen lebih rapat, rapih, dan tidak kaku.

Baca Juga: 10 Alat Musik Tradisional Sunda

Batik Cap

Jenis-Jenis Batik Berdasarkan Cara Pembuatannya
Batik Cap

Teknik pembuatan batik cap dilakukan dengan cara membentuk corak atau tekstur menggunakan cap. Biasanya proses ini memerlukan waktu yang lebih cepat dari teknik batik tulis yakni sekitar 2-3 hari.

Proses pembuatan batik dengan teknik ini masih dikerjakan secara manual dengan menggunakan alat cap yang terbuat dari tembaga. Alat cap tersebut kemudian dicelupkan ke dalam lilin panas, lalu di capkan pada kain.

Teknik batik cap memiliki perbedaan dengan teknik lain yakni ornamen satu dengan yang lainnya sama, namun isen-isen tidak rapih, sedikit renggang serta kaku, dan kelihatan lebih kasar.

Batik Sablon (Printing)

Batik Sablon

Merupakan Jenis batik yang teknik pembuatannya menggunakan cara sablon, dalam teknik ini proses pembuatan batik tidak menggunakan lilin, malam, dan canting. Sebab proses pembuatannya hampir sama seperti kaos sablon atau spanduk namun dengan bahan pewarna yang lebih bagus.

Meski begitu, batik sablon lebih mudah luntur karena warnanya tidak meresap ke kain.

Teknik batik sablon memiliki perbedaan dengan teknik lain yakni ornamen yang satu dengan lainnya dapat sama atau tidak, sebab batik sablon biasanya meniru dari batik yang sudah ada.

Itulah Jenis-Jenis Batik berdasarkan cara pembuatannya, semoga bermanfaat!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *