Jenis – Jenis Cerita Fiksi Beserta Penjelasan dan Contohnya

Jenis-Jenis Cerita Fiksi Beserta Penjelasan dan Contohnya

Posbaru, Halo Kawan pada artikel ini kita akan membahas Jenis – Jenis Cerita Fiksi dan tentunya dengan penjelasan beserta contohnya.

Nah perlu kalian ketahui bahwa cerita fiksi adalah cerita yang kejadiannya bersifat fiksi (khayalan) yang berasal dari karangan penulis ataupun pengalaman nyata yang diolah menjadi cerita menarik. Berikut Jenis – Jenis Cerita Fiksi dan penjelasannya.

1. Dongeng

Adalah bentuk cerita bersifat khayalan dan ajaib berasal dari mulut ke mulut, generasi ke generasi. Dengan tujuan cerita untuk menghilangkan kesedihan. Biasanya dalam dongeng terkandung banyak nilai moral dan nasehat bagi pembaca atau pendengar serta dongeng juga terbagi menjadi beberapa jenis yakni :

A. Sage  : Jenis Dongeng dimana peristiwa masa lalu yang berhubungan dengan sejarah dijadikan alur cerita, contohnya Lutung Kasarung, Darmawulan, Calon Arang dan lainnya.
B. Legenda : Menjelaskan asal usul terjadinya suatu daerah atau wilayah atau juga menceritakan kejadian alam maupun terjadinya sebuah benda dengan cerita khayalan yang mengandung keajaiban, contohnya Tangkuban Parahu, Asal Usul Banyuwangi dan lainnya.
C. Mite : Berhubungan dengan kepercayaan masyarakat sebuah daerah pada benda gaib, dewa, dewi, roh dan lainnya, contohnya Putri Tunjung Buih, Putri dari Bambu, Dewi Sri Ratu Padi dan lainnya.
D. Cerita Jenaka (Dongeng Lucu) : Humor yang bercerita tetang seorang tokoh biasanya berisi kebodohan atau kecerdikan tokohnya yang membuat pembaca atau pendengar tertawa, contohnya Si Kabayan, Abu Nawas, Lebai Malang dan lainnya.
E. Fabel : Menceritakan kehidupan binatang dengan tingkah laku seperti manusia dimana binatang adalah tokoh dalam cerita ini, contohnya Si Kancil, Kasuari dengan Mara Mahkota dan lainnya.

Baca Juga : Teks Anekdot Pengertian, Ciri, dan Struktur

2. Novel

Novel juga termasuk ke dalam cerita fiksi yang bercerita tentang sebagian kisah hidup seseorang, dimana cerita tersebut akan menceritakan secara panjang hubungan tokoh dengan orang di sekitarnya lengkap beserta penggambaran watak.

Contohnya adalah Dilan, Koala Kumal, Ketika Cinta Bertasbih, dan lain sebagainya.

3. Cerita Pendek (Cerpen)

Cerpen merupakan cerita fiksi yang berisi tentang kehidupan seseorang  secara sekilas dan biasanya tidak mempunyai penyelesaian di akhir ceritanya. Contohnya adalah Oh Mama Oh Papa, Cinta Laki-Laki dan Sepotong Cinta Dalam Diam.

4. Roman

Merupakan cerita fiksi dengan tema percintaan dan biasanya berisi pesan moral serta bersifat klasik. Contohnya adalah Siti Nurbaya, Romeo dan Juliet, Si Doel Anak Jalanan, dan lain sebagainya.

Itulah jenis cerita fiksi beserta penjelasan dan contohnya, jika sudah membaca artikel ini maka kalian dapat dengan mudah membedakan jenis cerita fiksi yang ada di luar sana. Semoga terbantu !.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment