Jenis-Jenis Paragraf Lengkap Dengan Penjelasannya

Posbaru – Setelah sebelumnya kita membahas pengertian paragraf, dalam artikel ini kita akan membahas jenis-jenis paragraf secara lengkap. Berikut penjelasannya.

Jenis-Jenis Paragraf

Paragraf terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tujuan, isi dan letak gagasan utamanya, berikut pembahasannya.

A. Berdasarkan Tujuan

Jenis paragraf berdasarkan tujuan terbagi lagi menjadi beberapa macam atau jenis yakni.

1. Paragraf Eksposisi

Isinya berupa penjelasan fakta cenderung ilmiah dengan tujuan untuk memberi informasi yang rinci kepada pembaca, jenis ini umumnya dapat kalian jumpai di artikel berita.

2. Paragraf Argumentasi

Mempunyai tujuan untuk memberikan pandangan pembaca tidak hanya menyajikan masalah atau fakta, namun juga memberi pendapat sang penulis.

Sehingga data dan fakta merupakan pelengkap opini si penulis, dalam jenis ini kalian juga akan menemukan kesimpulan dari paragraf.

3. Paragraf Narasi

Berisi urutan kronologis yang tiap kalimatnya disusun runtut agar memudahkan pembaca membayangkan kejadian yang diceritakan, jenis ini sangat mudah ditemukan dalam cerpen, novel dan lainnya.

4. Paragraf Deskripsi

Mempunyai tujuan agar si pembaca dapat merasakan apa yang di tulis dengan jelas dan realistis, seolah-olah dapat melihat, merasakan, hingga mendengar apa yang ditulis.

Oleh karena itu, paragraf deskripsi berisi gambaran lengkap suatu objek yang disusun dalam sebuah kalimat.

5. Paragraf Persuasi

Hampir sama dengan paragraf argumentasi namun dalam paragraf ini kalimat mempunyai tujuan untuk mempengaruhi si pembaca dengan kata-kata panggilan atau seruan.

Baca Juga:

B. Berdasarkan Letak Gagasan Utama

Jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya terbagi lagi menjadi beberapa macam atau jenis, diantaranya adalah.

1. Paragraf Campuran

Berisi campuran dari ide-ide utama yang ditemukan di akhir dan akhir rangkaian kalimat, biasanya gagasan kalimat pertama adalah inti dan bagian akhir adalah gagasan pokok yang ditegaskan kembali dengan kalimat berbeda dari gagasan pokok awal.

2. Paragraf Deduktif

Mempunyai ide utama di awal rangkaian kalimat yang biasanya ide utama berada di kalimat pertama sementara kalimat lain berisi penjelasan yang mendukung gagasan pokok.

3. Paragraf Induktif

Gagasan utama dalam jenis paragraf ini akan ditemukan pada akhir rangkaian kalimat serta sebagian besar berada di kalimat terakhir.

Itulah jenis-jenis paragraf beserta pembahasannya, untuk lebih memahaminya kalian juga bisa membaca artikel “pengertian paragraf lengkap”.