Jokowi Apresiasi Hasil Pemeriksaan BPK

Jakarta, Posbaru – Seluruh Menteri dan Kepala Lembaga diminta untuk menjadikan hasil pemeriksaan Badan Keuangan Negara (BPK) Sebagai parameter perbaikan dan reform serta perubahan dalam pengelolaan anggaran negara.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), menurutnya selama 4 tahun sejak 2016 hingga 2019, pemerintah dapat mempertahankan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK.

Serta jumlah entitas pemeriksaan yang mendapat predikat WTP juga mengalami peningkatan dari 82 entitas di tahun 2018 menjadi 85 di tahun 2019.

Jokowi mengatakan, bagi kementrian yang masih mendapat opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian) dan Opini TMP (Tanpa Menyatakan Pendapat), untuk segera melakukan perbaikan, terobosan serta langkah-langkah perubahan signifikan.

Ia juga menjelaskan bahwa akan mengikuti dan memonitor apa saja langkah perbaikan yang dilakukan para menteri dan kepala lembaga. Selain itu, langkah perbaikan juga harus konkret dan nyata agar setiap uang rakyat bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

Dalam hal ini, Jokowi juga berterimakasih dan mengapresiasi jajaran BPK dalam menyelesaikan Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat.

Anda Mungkin Suka