Jokowi Ingin Penerapan Protokol Kesehatan Harus Tetap Dipatuhi

Jakarta, Posbaru – Pemerintah Indonesia menghimbau masyarakat agar peribadatan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan demi kemaslahatan bersama.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ingin memastikan protokol kesehatan benar-benar dijalankan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Kunci keberhasilan dari pengendalian penyebaran Covid ini adalah kedisiplinan kita. Kedisiplinan untuk mencuci tangan, menjaga jarak yang aman, mengenakan masker, dan menghindari keramaian atau konsentrasi massa. Saya minta protokol kesehatan betul-betul dipastikan di lapangan terutama menjelang Idulfitri dan pada saat nanti Idulfitri,” ujarnya, Jakarta, pada Selasa, 19 Mei 2020.

Menurutnya belakangan ini pusat keramaian seperti pasar tradisional sudah mulai dipenuhi oleh masyarakat yang berbelanja, terkait dengan hal itu Jokowi minta jajaranya untuk memperhatikan hal tersebut dan memastikan penerapan protokol kesehatan yang harus tetap dipatuhi.

“Saya ingin ini dipastikan ada pengaturan jarak yang baik, memakai masker, dan petugas di lapangan betul-betul bekerja untuk mengingatkan mengenai protokol kesehatan secara terus-menerus,” katanya.

Jokowi juga menambahkan penerapan protokol kesehatan secara ketat juga harus diterapkan dalam peribadatan masing-masing umat. Di tengah pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan dan menganjurkan agar melakukan ibadah di rumah untuk sementara waktu dalam rangka pencegahan penyebaran virus.

“Pemerintah tidak melarang untuk beribadah, justru pemerintah melalui Kementerian Agama mendorong agar setiap umat beragama meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadahnya masing-masing. Yang kita imbau, yang kita atur, adalah peribadatan yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan,” ucap Jokowi.