Jokowi Resmikan Bandara Tana Toraja

Jakarta, Posbaru – Pada hari Kamis 16 Maret 2021, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) resmikan Bandara Toraja di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Bersamaan dengan hal tersebut Jokowi juga meresmikan Bandara Pantar di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur, Secara Virtual.

Kedua bandara tersebut diharapkan bisa memberi manfaat utamanya bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Semoga dua bandara ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lebih banyak lagi lapangan kerja, dan memicu, menghidupkan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru,” ujar Jokowi.

Bandara Tana Toraja (Bandara Buntu Kunik) tersebut mempunyai landasan pacu sepanjang 2.000×30 meter dengan biaya pembangunan sekitar Rp800 miliar, serta memiliki terminal penumpang seluas 1.152 meter persegi yang diharapkan dapat melayani 45 ribu penumpang setiap tahun nya.

Menurut Jokowi, dengan adanya bandara tersebut konektivitas Tana Toraja dengan daerah lain dapat ditingkatkan, Ia mencontohkan jika sebelumnya dari Toraja ke Makassar membutuhkan waktu 9 Jam (jalur darat) maka dengan adanya jalur udara hanya membutuhkan waktu 50 menit.

“Tadi saya nyoba dengan [pesawat] ATR [membutuhkan waktu] 50 menit. Artinya apa? Mobilitas orang, mobilitas barang itu akan ada kecepatan,” ungkapnya.

Konektivitas yang meningkat tersebut, diharapkan bisa memberi dampak peningkatan sektor pariwisata di daerah tersebut.

 “Pariwisata di sini saya meyakini akan sangat berkembang, baik nanti yang dari Makassar, bisa saja nanti yang dari Bali langsung ke sini, bisa saja yang dari Jakarta langsung ke sini, bisa saja ada yang dari Bandung langsung ke Tana Toraja. Untuk melihat negeri di atas angin, melihat Kete Kesu, untuk melihat Pango-Pango,” ujar Jokowi.