Kang Emil Jalani Penyuntikan Dosis Petama Vaksin COVID-19

Kota Bandung, Posbaru – Pada Jumat 28 Agustus 2020 Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) jalani penyuntikan pertama sebagai relawan uji klinis vaksin COVID-19 di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Menurut Kang Emil dirinya bersana Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Irjen Pol. Rudy Sufahriadi, Panglima Kodam (Pangdam) III/ Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, serta Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar Ade Adhyaksa terlebih dahulu menjalani prosedur pengecekan kesehatan yang ketat.

Pengecekan kesehatan tersebut diantaranya yakni pemeriksaan tensi, pengambilan darah, pemeriksaan dada dan paru-paru, dan rapid test. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak adaantibodi yang muncul saat disuntik.

Setelah melakukan penyuntikan vaksin di bagian lengan kiri, Kang Emil mengatakan muncul rasa pegal selama 5 menit di bagian titik penyuntikan. Kang Emil dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menunggu 30 menit setelah dilakukannya penyuntikan untuk melihat reaksi dari pengetesan vaksin tersebut.

Kemudian dalam 14 hari kedepan, mereka diberi kartu yang harus diisi rutin setiap hari untuk melaporkan suhu tubuh ataupun anomali dan juga ada Sembilan reaksi lain yang harus dilaporkan apabila terjadi.

Setelah 14 hari Kang Emil dan Forkopimda dijadwalkan menjalani penyuntikan dosis kedua di tahap ketiga (V2).

Kang Emil menjamin keterbukaan informasi jika terjadi sesuatu terhadap dirinya dan tiga pimpinan Forkopimda lain.

“Jadi semua saling mendoakan, menguatkan, kami berempat mewakili militer, mewakili polisi, mewakili aparat hukum, dan saya sendiri mewakili pemerintah ASN, kita saling menguatkan,” ujarnya.

Anda Mungkin Suka