Kang Emil Jalani Penyuntikan Uji Klinis Vaksin Dosis Kedua

Kota Bandung, Posbaru – Pada hari Senin 14 September 2020, Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga Ketua Gugus Tugas Jabar, Ridwan Kamil (Kang Emil), lakukan penyuntikan uji klinis vaksin COVID-19 dosis kedua di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Kota Bandung.

Ia mengatakan bahwa penyuntikan pada kunjungan ketiga atau Visit 2 (V2) merupakan dosis penyuntikan yang terakhir, Setelah itu Ia dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar yang menjadi relawan akan diperiksa serta dicek pembentukan antibodinya pada kunjungan keempat (V3) dan kunjungan kelima (V4).

Kang Emil mengatakan, dirinya dan Kapolda, Pangdam, serta Kajati sudah mengikuti prosedur penyuntikan ketiga percobaan vaksin, dan berharap dalam dua minggu kedepan ada ada reaksi baik yakni meningkatnya imunitas tubuh.

Selain itu, dirinya berharap agar uji klinis vaksin fase 3 tersebut berhasil agar dapat menghadrkan kabar baik bagi masyarakat dalam upaya menghentikan pandemi COVID-19.

“Kalau vaksin (Sinovac) ini berhasil, maka memberikan harapan (pandemi) COVID-19 dengan segala dinamikanya berbulan-bulan ini bisa berakhir dengan diberikan vaksin yang hadir sekarang,” ujarnya.

Adapun uji klinis fase 3 tersebut berlangsung sampai akhir tahun dan jika berhasil maka vaksin akan diproduksi oleh Bio Farma dan disalurkan pada masyarakat pada awal tahun 2021.

Bagikan ?

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment