Kang Emil Lakukan Rapat Koordinasi Dengan Luhut

Kota Bandung, Posbaru – Terdapat beberapa perkembangan baik terkait penanganan COVID-19 berdasarkan data periode 14 – 20 September 2020, Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Ridwan Kamil (Kang Emil) dalam Rapat Koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, pada hari Kamis 24-09-2020.

Menurut Kang Emil, dalam periode tersebut ada tiga daerah ber-Zona Merah di Jabar yaitu Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kota Cirebon. Selain itu tingkat kesembuhan akibat COVID-19 di Jabar meningkat sedangkan untuk tingkat kematian menurun.

 “Kondisi ini tentu menjadi penyemangat bagi tim yang sekarang dikoordinasikan oleh Pak Menko,” ujar Kang Emil.

Kemudian terkait dengan pergerakan masyarakat, Kang Emil mengatakan, meskipun adapenurunan pergerakan di sektor destinasi wisata dan hotel, pihaknya selalu memantau pergerakan dan kepadatan untuk menghindari penyearan virus.

Kang Emil juga telah memberikan instruksi pada Kapolda dan Pangdam untuk lakukan inspeksi pengurangan kepadatan di zona tempat makan dan kafe.

Selain itu, pihaknya juda fokus memantau kawasan industri termasuk mendorong perusahaan melakukan pengetsan PCR mandiri pada karyawannya.

Ia juga melaporkan kondisi rumah sakit di Jabar, dimana ada 320 rumah sakit rujukan COVID-19 per 19 September 2020, dan keterisian tempat untuk pasien dengan gejala ringan sebanyak 46,24%, untuk gejala sedang 62,61%, dan untuk gejala berat 50,92%. Lalu untuk keterisian IGD sebanyak 19,04% serta ICU sebanyak 39,59%.