Kang Emil Tampung Aspirasi Buruh

Kota Bandung, Posbaru – Pada hari Senin 9 September 2020, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) menerima audensi dan menampung aspirasi Serikat Pekerja dan Serikat Buruh Provinsi Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung.

Menurut Kang Emil ada tiga poin penting yang disampaikan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh yakni Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) yang tedapat dinamika untuk diselesaikan lalu Keberatan terkait Upah Minimum Provinsi (UMP) yang tidak naik.

“Ada tiga aspirasi. Pertama terkait UMSK (Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota) terdahulu ada dinamika yang perlu diselesaikan. Kemudian, keberatan terhadap UMP (Upah Minimum Provinsi) yang tidak naik. Saya dengar aspirasi dan harapan agar UMK sesuai aspirasi,” ujarnya.

Dirinya juga menyatakan bahwa aspirasi yang diampaikan akan dibahas bersama Dewan Pengupahan Jabar serta terkait dengan UMK Ia menambahkan hal tersebut merupakan kewenangan Kabupaten/Kota dan akan memonitor sesuai dengan dinamika ekonomi dan kearifan lokal.

Dalam Audensi tersebut Ia juga memaparkan situasi ekonomi di Jabar dimana menurutnya setiap daerah Jabar memiliki situasi ekonomi yang berbeda dan hal tersebut adalah salah satu faktor dalam penetapan UMP.

“60 persen industri (manufaktur) ada di Jabar. Jadi dinamika pengupahan, PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), dan sebagainya, yang paling parah adalah Jabar jika dibandingkan dengan provinsi lain,” katanya. 

Anda Mungkin Suka