Keindahan Danau Linting dan Kisah Mistis yang Masih Melekat

Posbaru – Danau Linting merupakan sebuah danau yang terletak di Sumatra Utara, tepatnya di Desa Rumah Rih, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Deli Serdang, atau sekitar 2 jam (70 km) dari Kota Medan.

Harga tiket masuk ke Danau Linting terbilang cukup murah yakni berkisar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu saja, dan buka dari pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat.

Danau yang terbentuk dari retakan vulkanik ini termasuk ke dalam 2 danau hydrothermal yang ada di Indonesia, dimana airnya mengandung belerang dan terasa hangat.

Selain itu, Danau Linting terbilang cukup unik, sebab belerang yang terkandung dalam danau ini tidak berbau menyengat seperti biasanya serta warna air danau juga sering berubah, kadang berwarna biru, hijau, atau biru kehijauan.

Meski begitu, terdapat berbagai mitos yang beredar di masyarakat tentang danau ini. Salah satunya adalah larangan anak laki-laki mandi di danau, larangan berbicara kasar, bersikap sombong, bahkan hingga mitos adanya seorang putri penghuni Danau Linting.

Baca Juga: Tempat Wisata Luar Jawa yang Wajib Banget Dikunjungi!

Nah konon katanya, jika ada yang melanggar larangan atau pantangan tadi maka penghuni danau akan menghukumnya dengan cara ditenggelamkan.

Walaupun mitos yang beredar di masyarakat cukup menyeramkan, namun keindahan danau ini tidak bisa di sandingkan dengan danau pada umumnya, karena selain hanya ada dua jenis danau seperti ini di Indonesia, danau ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat yang dipercaya oleh wisatawan yang berkunjung ke Danau Linting salah satunya adalah dapat menyembuhkan penyakit gatal atau penyakit kulit lainnya, meski demikian belum ada bukti ilmiah tentang manfaat tersebut di Danau Linting.

Tapi sayangnya, wisatawan hanya boleh berenang di tepian saja, sebab kedalaman dari danau tersebut belum diketahui hingga saat ini, dan tentu saja ini menjadi hal yang dapat membahayakan wisatawan.

Semoga saja, kedepannya kedalaman danau dapat diketahui sehingga wisatawan dapat berenang hingga ke tengah danau, karena sayang sekali pemandangan danau yang indah dan manfaatnya masih terganjal oleh sesuatu yang bisa saja membahayakan wisatawan.

Kumpulan Foto Danau Linting