Kemenparekraf Lakukan Digitalisasi UMKM

Jakarta, Posbaru – Pelaku UMKM di Indonesia didorong untuk memasarkan produknya secara online melalui platform e-commerce.

Hal tersebut disampaikan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angle Tanoesoedibjo, menurutnya digitalisasi UMKM dilakukan melalui program #BeliKreatifLokal yang diluncurkanpada Juni 2020 lalu.

Dan sudah terkurasi 500 pelaku ekonomi kreatif  yang difasilitasi pendaftaran, HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), dan diberikan pendampingan promosi.

Program ini juga bertujuan untuk membantu memasarkan produk UMKM yang terdampak pandemi di platform digital, sebab di masa ini terbatasnya interaksi jualbeli secara fisik yang mengakibatkan UMKM tidak bisa beraktivitas. Untuk itu para pelaku UMKM diharapkan bisa beradaptasi dengan teknologi agar bisa terus beraktivitas.

Angela mengatakan, program tersebut menyasar pada tiga subsector UMKM yakni, Kriya, Fashion, dan Kuliner. Program ini juga di utamakan untuk UMKM di Jabodetabek, karena menurutnya wilayah tersebut sangat terhambat produktivitasnya akibat berada di Zona Merah.

Anda Mungkin Suka