Lagu Indonesia Raya Dilecehkan, DPR RI Minta Malaysia Tegakan Hukum

Jakarta, Posbaru – Beberapa waktu ini tengah viral video pelecehan lagu Indonesia Raya berdurasi 1.31 menit yang diunggah di YouTube oleh akun bernama MY Asean yang mengaku dari Malaysia.

Terkait dengan hal tersebut menurut Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris, DPR RI berharap agar Kepolisian Diraja Malaysia segera melakukan proses penegakan hukum bagi pelaku pelecehan tersebut.

Dalam siaran pers pada 28 Desember 2020, Ia mengatakan bahwa penegakan hukum tersebut sudah sesuai dengan komitmen yang disampaikan oleh Pemerintah Malaysia, dirinya juga menyambut baik tanggapan Pemerintah Malaysia melalui perwakilannya di Jakarta yang menyatakan akan menindak tegas pelaku penghinaan simbol Negara Indonesia.

Dalam laman Facebook Kedubes Malaysia di Jakarta disebutkan, Otoritas Malaysia tengah melakukan investigasi terkait persoalan yang dapat mengganggu hubungan baik kedua negara.

“Kami tentunya berharap hubungan baik yang sudah dijalankan antara kedua negara selama ini bisa terus berjalan. Indonesia dan Malaysia adalah mitra strategis di kawasan dan di berbagai forum multilateral,” ujar Charles.

Dilansir dari dpr.go.id, pemerintah Malaysia mengutuk keras segala provokasi negative dengan niat memengaruhi hubungan bilateral kedua negara yang telah terjalin dekat.