Lengkap! Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Posbaru – Secara umum, pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan serta mengelola sumber daya terbatas, yang dapat digunakan untuk perencanaan bisnis, penentuan harga, dan segala macam kebijakan demi kesejahteraan.

Selain itu, iIlmu ekonomi juga bisa di definisikan sebagai ilmu yang mempelajari usaha manusia untuk mencapai kemakmuran.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum tadi ada juga pendapat lain yang datang dari para ahli, diantaranya adalah:

Aristoteles

Ilmu Ekonomi adalah suatu cabang yang dapat digunakan melalui dua jalan yakni adanya kemungkinan untuk digunakan dan kemungkinan untuk ditukarkan, atau nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

Suherman Rosyidi

Ilmu Ekonomi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang memberikan pemahaman tentang gejala yang timbul di lingkungan masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup atau mencapai kemakmuran.

M. Manullang

Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi mencapai kemakmuran. Kemakmuran merupakan kondisi manusia yang dapat memenuhi kebutuhannya baik berupa jasa maupun barang.

Baca Juga: Pengertian Pendapatan Nasional Beserta Rumusnya!

Adam Smith

Merupakan ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya terbatas demi mencapai tujuan tertentu.

Alfred Marshall

Ilmu yang mempelajari tindakan manusia secara perorangan kolektif dan kaitannya dalam penggunaan barang-barang material.

Khursid Ahmad

Usaha sistematis untuk memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan itu dari sudut pandang islam.

John Stuart Mill

Cabang ilmu praktis (sains praktikal) yang mempelajari tentang seluk beluk penagihan dan pengeluaran, serta kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

Gregori Mankiw

Cabang ilmu yang mempelajari bagaimana cara masyarakat mengelola sumber daya yang langka.

Louis Cantori

Dari sudut pandang islam ilmu ekonomi berdasarkan berbagai aturan islam, Misalnya mengenai masalah menjamin berputarnya harta yang dimiliki individu.

Abraham Maslow

Merupakan ilmu yang berguna untuk menyelesaikan permasalahan hidup manusia. Dalam hal ini, permasalahan itu adalah masalah tentang perekonomian sesuai prinsip dan teori yang efektif dan efisien.

Itulah pengertian ekonomi secara umum dan menurut para ahli. Semoga artikel ini dapat membantu!.