Lima Daerah di Jabar Berstatus Oranye

Kota Bandung, Posbaru – Terdapat lima daerah Zona Oranye (Risiko Sedang) di Jawa Barat (Jabar) diantaranya adalah Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Depok, dan Kota Cimahi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Jabar, Ridwan Kamil (Kang Emil). Menurutnya hasil tersebut merujuk pada leveling Gugus Tugas selama periode 6 hingga 12 Juli 2020.

Ia juga mengatakan, agar bahasa yang digunakan sama denga pemerintah pusat, rating kewaspadaan Jabar akan menggunakan rating Gugus Tugas Nasional sehingga tidak lagi menggunakan warna.

Kemudian untuk jumlah Zona Oranye, ada pengurangan dibandingkan periode 29 Juni hingga 5 Juli 2020 dimana ada Zona Oranye, 17 Zona Kuning, serta 1 Zona Merah.

Pihaknyapun, akan menghitung level kewaspadaan ditingkat kecamatan yang nantinya akan digunakan sebagai dasar penentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Serta dasar pembukaan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

Penyebaran Virus di Jabar terjadi dengan pola yang diketahui, berdasarkan indikasi dari lima daerah berstatus Zona Oranye di Jabar.

Kang Emil juga meminta Kepolisian Daerah Jabar agar memperhatikan dan waspada terhadap potensi wilayah perbatasan terutama di Pantai Utara (Pantura).

Lalu untuk penerapan denda bagi pelanggar pedoman kesehatan di ruang publik, pihaknya masih menunggu arahan pemerintah pusat melalui Kementrian Sekretariat Negara.

Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jabar, terus mematangkan regulasi kedisiplinan masyarakat selama pandemi yang dikemas dalam bentuk Peraturan Gubernur (Pergub). Dan ditargetkan akan selesai dan berlaku pada 27 Juli 2020.