Macam-Macam Seni dan Penjelasan Lengkapnya

Posbaru – Seni merupakan segala sesuatu ciptaan manusia yang mengandung unsur keindahan serta mampu membangkitkan perasaan orang lain. Selain itu, terdapat macam-macam seni atau jenis-jenis seni, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Seni Musik

Bunyi adalah unsur utama dalam seni musik, selain bunyi terdapat beberapa unsur lain seperti harmoni, melodi, dan notasi.

Media yang digunakan dalam seni musik diantaranya adalah vokal dan instrumen, yang mana instrumen musik dapat berbentuk alat musik yang berasal dari dalam (tradisional) maupun luar negeri sementara untuk media vokal salah satunya adalah akapela atau beatbox dan lain sebagainya.

2. Seni Rupa

Mempunyai wujud pasti dan tetap dengan menggunakan elemen rupa sebagai salah satu wujud yang di kelompokan ke dalam bentuk gambar, lukis, patung, dan lain sebagainya adalah ciri khas dari seni rupa.

Seni yang satu ini dapat dinikmati dengan penglihatan manusia. Seni rupa sendiri telah ada sejak zaman animisme dan dinamisme.

Baca Juga: 10 Contoh Seni Rupa Terapan dan Penjelasannya

3. Seni Sastra

Seni yang merupakan sebuah hasil kreasi manusia yang menjadikan bahasa sebagai media dimana di dalamnya terdapat segala hal yang mengandung keindahan baik lisan maupun tulisan

Jadi Singkatnya, seni sastra dapat menggambarkan sebuah keindahan hanya dalam bentuk kata baik ditulis maupun diucapkan seperti puisi, kaligrafi, tulisan dan lain sebagainya.

4. Seni Tari

Dalam seni tari, setiap gerakan halus yang berunsur estetis mempunyai makna tertentu. Seni ini sendiri menggunakan gerak tubuh sebagai suatu keindahan.

Keindahan dalam seni tari ada pada kepuasan dari koreografer, penari dan penikmat (penonton). Selain itu, seni ini terbagi menjadi dua yakni tari tradisional dan tari garapan.

5. Seni Teater

Merupakan seni yang berupa pertunjukan drama yang dipentaskan di atas panggung yang menampilkan adegan atau perilaku manusia dengan gerak, tari, dan nyanyian dilengkapi dialog serta akting para pemainnya.

Dalam seni teater biasanya lebih mengutamakan suatu pembawaan casting, diksi, intonasi, pengaturan, laring, dan faring secara konsisten.

Itulah macam-macam seni atau jenis-jenis seni. Selain itu, dalam seni terdapat beberapa cabang seperti seni visual, seni audio, seni audio visual dan masih banyak lainnya.