Makna Idul Adha Bagi Umat Manusia

Posbaru – Setelah 70 hari perayaan idul fitri atau tanggal 10 Dzulhijjah merupakan Hari Raya Idul Adha, disaat ini serta di hari Tasyrik atau 3 hari setelah Hari Raya Idul Adha umat Islam diharamkan untuk berpuasa.

Idul Adha juga bisa dibilang sebagai puncak Ibadah Haji yang dilakukan umat Islam untuk itu Hari Raya Idul Adha sering juga disebut lebaran haji.

Dibalik Hari Raya ini yang berkaitan dengan pelaksanaan qurban dan ibadah haji terpadat mekna pembelajaran bagi umat Islam maupun semua manusia, yang diantaranya adalah sebagai berikut

Keikhlasan & Pengorbanan, umat Islam diajarkan untuk memberikan pengorbanan secara ikhlas atas segala hal.

Hal tersebut berasal dari sejarah qurban, dimana sebagai wujud ketaatan pada Allah SWT, Nabi Ibrahim AS dengan ikhlas mengorbankan anaknya untuk disembelih.

Oleh sebab itu, pengorbanan di Hari Raya Idul Adha bisa berupa sesuatu yang dicintai ataupun harta untuk dibagikan pada orang sekitar dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT.

Silaturahmi, Setiap Hari Raya Idul Adha selalu menjadi sarana umat Islam untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat.

Untuk itu, pada saat Idul Adha ada tradisi untuk berkumpul bersama keluarga maupun mengunjungi kerabat dekat untuk menjaga tali silaturahmi sesame manusia.

Semangat untuk berbagi, di Hari Raya Idul Adha umat Islam sering melakukan kegiatan berbagi pada sesama baik berupa hewan qurban yang disembelih maupun bentuk lain.

Pada perayaan ini, menyembelih hewan pada perayaan ini bertujuan untuk berbagi kebahagian dengan mereka yang kurang mampu.

Biasanya daging quban akan dibagikan pada masyarakat dan orang yang membutuhkan, dalam hal ini ada syaratdan ketentuan yakni daging hewan kurban dibagi tiga, 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 bagian dihadiahkan kepada orang lain.

Mendekatkan diri pada Allah SWT,  kata kurban sendiri berasal bahasa arab ‘qariba – yaqrabu – qurban wa qurbanan qa qirbanan’ yang berarti Dekat.

Kemudian makna dari qurban sendiri yaitu mendekatkan diri pada Allah SWT.selain itu lewat perayaan ini diharapkan umat Islam sadar bahwa segala apayang ada di langit dan bumi merupakan milik Allah SWT semata.

Anda Mungkin Suka

Leave a Comment