Makna Simbol Pancasila yang Wajib Kalian Ketahui !

Posbaru, Makna Simbol Pancasila – Pancasila merupakan dasar serta landasan ideologi negara Indonesia. Pancasila sendiri berasal dari bahasa sanskerta yakni “Panca” (Lima) dan “Sila” (prinsip/asas). Burung Garuda digunakan sebagai lambang Pancasila untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kuat.

Dalam Burung Garuda tersebut terdapat lima simbol Pancasila yakni bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas yang terletak di perisai tengah burung Garuda. Dimana ke lima simbol tersebut mempunyai makna tersendiri. adapun makna dari ke lima simbol Pancasila adalah sebagai berikut.

Simbol Bintang

Bintang berwarna kuning bersudut lima dengan latar hitam yang berada di tengah ini bermakna bahwa negara Indonesia adalah bangsa yang religius yakni bangsa yang beriman serta bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Simbol ini juga merupakan lambang dari sila pertama dalam Pancasila yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Simbol Rantai

Simbol rantai dengan latar belakang merah ini adalah lambang dari sila kedua dalam Pancasila yaitu “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Rantai berbentuk segi empat melambangkan laki-laki sementara Rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan.

Dimana rantai-rantai tersebut saling menyambung yang bermakna bahwa setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan, sebagai manusia harus saling membantu satu sama lain.

Simbol Pohon Beringin

Simbol ini merupakan lambang sila ketiga dalam Pancasila yaitu “Persatuan Indonesia”. Pohon Beringin melambangkan tempat berteduh atau berlindung dengan makna bahwa negara Indonesia mempunyai beragam suku, agama, dengan latar budaya yang beragam namun tetap dalam satu kesatuan negara Republik Indonesia.

Simbol Kepala Banteng

Simbol ini adalah lambang dari sila keempat dalam Pancasila yakni “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”. Kepala Banteng sendiri bermakna bahwa pengambilan keputusan baiknya dilakukan melalui musyawarah. Makna ini diambil dari sifat banteng yang suka berkumpul dengan kawanannya.

Simbol Padi dan Kapas

Simbol ini melambangkan sila kelima dalam Pancasila yaitu “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”, Padi dan Kapas sendiri melambangkan kemakmuran serta kesejahteraan bangsa Indonesia.

Perlu kalian ketahui juga bahwa Perisai (Tameng) dalam burung Garuda melambangkan perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan.

Demikian Makna Simbol Pancasila dari mulai Bintang, Rantai, Pohon Beringin, Kepala Banteng, serta Padi dan Kapas.