Manfaat Keong Sawah Bagi Manusia

Posbaru – Keong Sawah atau bahasa latinnya Pila Ampullaceal adalah jenis siput air tawar yang dapat dengan mudah ditemukan di parit, sawah, sungai, dan danau.

Beberapa masyarakat Indonesia mengkonsumsi Keong Sawah sebagai pengganti protein hewani dari daging, bahkan beberapa diantaranya percaya bahwa Keong Sawah memiliki khasiat tertentu.

Keong Sawah atau Tutut memang memiliki banyak manfaat yang bagik bagi kehesatan manusia, Berikut beberapa manfaatnya.

1.Turunkan Kolesterol

Kandungan asam lemak omega 9 dalam Keong Sawah dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, LDL, Alzheimer, dan menngkatkan energi tubuh.

2.Atasi Diabetes

Kandungan asam lemak Omega 3, 6 dan 9 dalam keong sawah mampu tingkatkan kemampuan sensitivitas insulin, bahkan beberapa penelitian menyebutkan mengkonsumsi lemak tak jenuh dapat member penurunan tingkat radang yang merupakan pemicu penyakit diabetes.

3.Baik Untuk Rambut

Kandungan Omega 3 pada Keong Sawah dapat menjadagen anti-inflamasi yang mampu atasi masalah rambut, diantaranya petumbuhan rambut,memelihara folikel, tingkatkan elastisitas,tingkatkan kekuatan, mempertebal rambut, dan lain sebagainya.

4.Kembangkan Kinerja Otak

Kandungan Omega 6 dalam Keong Sawah dapat berperan dalam perkembangan otak manusia serta baik untuk memelihara hormone kulit, kuku, rambut, meringankan gejala sesak nafas, dan mencegah kerusakan sel.

5.Baik Untuk Tulang

Dilansir dari Liputan6.com, Asih Setriani Ir, Msc., doesn Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) mengatakan, Protein dalam Keong Sawah sangat baik untuk pertumbuhan anak. Sebab dalam 100 gr Keong Sawah terdapat 210 miligram kalsium yang sebanding dengan segelas susu.

Anda Mungkin Suka