Manfaat Lompat Tali Bagi Kesehatan Tubuh

Posbaru – Lompat tali adalah kelompok olahraga plyometric yang bertujuan untuk melatih serta mengembangkan kekuatan otot. Oleh sebab itu olahraga ini dapat membuat jantung bedetak lebih kencang dan jika dilakukan dengan rutin dapat meningkatkan kekuatan jantung.

Olahraga ini dapat kalian lakukan selama 2o menit sehari serta di tengah pandemi ini kalian juga dapat melakukannya didalam rumah. adapun manfaat lainnya dari olahraga ini adalah sebagai berikut.

1.Tingkatkan Fungsi Kognitif

Olahraga ini melibatkan banyak komponen tubuh sehingga dapat meningkatkan komunikasi sistem saraf antara otak, pergelangan tangan, dan oto kaki bawah. Serta jika kalian melakukannya dengan rutin maka tanpa disadari dapat meningkatkan fungsi kognitif kalian.

2.Tingkatkan Koordinasi Tubuh

Lompat tali adalah olahraga siklik yang artinya harus dilakukan dengan ritme yang stabil, sebab jika tidak seperti itu maka kalian dapat terjatuh ketika melakukan lompat tali.

Untuk itu, olahraga ini dapat melatih koordinasi tubuh sebab kalian diharuskan menstabilkan irama melompat dan mengayun dalam olahraga ini.

3.Turunkan Berat Badan

Melakukan lompat tali selama30 menit dapat membakar 300 kalori dalam tubuh kalian, selain itu olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Jika dibarengi dengan makan sehat maka dijamin berat badan tubuh kalian akan menurun.

4.Latih Otot Kaki

Olahraga ini dapat tingkatkan elastisitas serta ketahanan otot bagian bawah dan meminimalisir risiko cedera kaki bagian bawah.

Jika kalian rutin melakukan olahraga ini maka otot dan tendon pada area betis akan menjadi lebih kuat.

5.Tingkatkan Kepadatan Tulang

Menurut salah seorang dokter dari Delhi bernama Dr Gargi Sharma, olahraga ini dapat kurangi risiko osteoporosis yakni peyakit yang menjadikan tulang rapuh serta rentan retak maupun patah tulang.

Anda Mungkin Suka