Manfaat Matahari Bagi Makhluk Hidup di Bumi

Posbaru – Panas serta cahaya matahari memiliki banyak manfaat bagi mahkluk hidup di Bumi baik Manusia, hewan, dan tumbuhan.

Manfaat matahari bisa dirasakan secara langsung oleh semua mahkluk hidup yang ada di Bumi, lalu apa sajakah manfaat tersebut, berikut penjelasannya.

Manfaat Bagi Manusia

Menurut beberapa sumber, energi matahari disebut “sumber energi yang tidak habis”, oleh sebab itu banyak manusia yang memanfaatkan energi matahari sebagai energi terbarukan, karena selain pasokannya yang tidak habis energi matahari juga tidak menyebabkan polusi.

Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh kita salah satunya adalah sumber listrik tenaga surya yang dimanfaatkan manusia untuk banyak hal dari mulai listrik rumah hingga bahan bakar kendaraan listrik.

Manfaat Bagi Hewan

Energi matahari dapat menghasilkan oksigen yang penting bagi kelangsungan semua mahkluk hidup tak terkecuali hewan, sebab cahaya matahari dapat membantu tumbuhan untuk berfotosintesis dimana proses ini bisa menghasilkan oksigen.

Sama halnya seperti manusia, cahaya matahari juga memberikan vitamin D untuk hewan dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

Selain itu, beberapa hewan sering berjemur dibawah sinar matahari untuk menyerap panasnya guna meningkatkan suhu tubuh agar menjadi aktif.

Hewan yang tinggal didasar laut-pun masih membutuhkan cahaya matahari, karena mereka bergantung pada organisme seperti tumbuhan atau lainnya yang pertama kali diproduksi dengan cahaya matahari.

Bahkan cahaya matahari merupakan salah satu faktor penyebab migrasi burung tertentu.

Baca Juga : Energi Kalor Pengertian, Sumber & Macam Perpindahannya

Manfaat Bagi Tumbuhan

Matahari dapat membantu proses fotosintesis seperti yang disebutkan tadi, cahaya matahari berguna untuk membantu proses pembentukan gula (glukosa) pada tumbuhan, dan jika glukosa sudah tersedia maka tumbuhan akan membentuk senyawa organik lainnya yang akan diubah menjadi protein dan lemak.

Setelah proses fotosintesis selesai maka senyawa tersebut akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan untuk bernafas, cadangan makanan, bahkan berkembangbiak.

Selain itu, energi matahari dapat membantu menjaga suhu tumbuhan, memberikan warna hijau, membantu pertumbuhan bunga, dan lain sebagainya.

Itulah manfaat matahari bagi mahkluk hidup yang ada di Bumi. Cahaya matahari sangatlah berharga bagi kehidupan di Bumi, sebab jika tidak ada matahari maka otomatis oksigen pun akan hilang dimana oksigen merupakan kebutuhan utama mahkluk hidup di bumi.