Mendag Teken Permendag Nomor 68

Jakarta, Posbaru – Untuk menekan impor barang konsumsi yang masuk ke Indonesia, Menteri Perdagangan (Mendag) meneken Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 68 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Impor Alas Kaki, Elektronik, dan Sepeda Roda Dua dan Roda Tiga.

Permendag yang ditetapkan sejak 19 Agustus 2020 tersebut mulai berlaku pada 28 Agustus 2020. Menurut Mendag, Agus Suparmanto, pada Mei hingga Juni terjadi kenaikan 50,64 % impor barang konsumsi dengan produk diantaranya Tank, Makanan & Minuman, Alas Kaki, Elektronik, dan lainnya. Untuk itu Kemendag perlu melakukan pengaturan impor terhadap barang tersebut.

Terdapat 3 jenis kelompok barang yang diatur tata niaganya dalam Permendah tersebut dengan jumlah total pos tari/HS sebanyak 11.

Dengan adanya Permendag tersebut, Pelaku usaha wajib memiliki persetujuan impor (PI) dan LS untuk pemenuhan persyaratan komoditas tersebut, Agus mengatakan bahwa mekanisme pengawasan yang dilakukan juga mengalami perubahan dari yang awalnya dilakukan di luar kawasan pabean (post border) sekarang dilakukan dikawasan pabean (border).

Didi Sumedi, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri mengatakan, Permendah ini juga mewajibkan importir setiap bulannya paling lambat tanggal 15 menyampaikan laporan pelaksanaan impornya yang dapat dilakukan secara elektronik baik terealisasi ataupun tidak melalui laman http://inatrade.kemendag.go.id.