Mesin Cuci Bocor ? Cek Dulu Penyebabnya !

Posbaru – Seringkali terjadi permasalahan pada sebuah mesin cuci salah satunya adalah mesin cuci bocor, masalah ini sering dialami dan bisa dianggap hal yang lumrah terjadi pada mesin cuci apalagi mesin cuci yang digunakan sudah berumur lama.

Kerusakan ini biasanya ditandai dengan air yang keluar terus menerus dan pengering yang tidak mau berjalan. Hal ini bisa terjadi karena katup karet yang kurang rapat, katup terganjal logam, atau lainnya.

Kebocoran ini dapat diatasi sendiri tanpa harus datang ke tempat servis jika kerusakan tersebut tergolong ringan, untuk itu sebelum dibawa ke tempat servis alangkah baiknya ketahui dulu penyebab kebocoran tersebut dengan cara sebagai berikut.

1. Pastikan Mesin Cuci Berada di Tempat Rata

Mencari kebocoran pada mesin cuci harus dilakukan di tempat yang rata, sebab jika tidak maka air akan mengalir dan menyulitkan kita untuk mengetahui sumber kebocoran.

2. Periksa Masalah yang Dapat Diperbaiki dengan Cepat

  • Jangan Sampai Mesin Cuci Kelebihan Beban (Tidak Seimbang), masalah kebocoran dapat terjadi karena mesin cuci terisi pakaian yang penuh dan menumpuk di satu sisi (tidak seimbang) dan ditandai dengan mesin cuci yang berguncang ketika digunakan.
  • Pastikan Penyumbat Pembuangan Telah Lepas, hal ini biasanya terjadi pada mesin cuci baru, dimana pemilik lupa untuk melepaskan penyumbat lubang pembuangan pada mesin cuci, untuk itu pastikan penyumbat sudah dilepas dan dihubungkan ke selang pembuangan.
  • Pastikan Selang Pembuangan Terpasang Dengan Benar, sebab selang pembuangan yang tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan kebocoran.
  • Pastikan Lubang Pembuangan Tidak Tersumbat, hal ini bisa saja terjadi untuk itu alangkah baiknya lakukan pengecekan pada lubang pembuangan.

3. Lakukan Pencucian dan Cari Sumber Kebocoran

Cara ini cukup mudah, kalian hanya perlu mencuci baju seperti biasa menggunakan mesin cuci, setelah itu cari sumber kebocoran yang biasanya terjadi di

Depan mesin cuci (biasanya diakibatkan tabung tersumbat atau segel tidak terpasang dengan benar), belakang mesin cuci (biasanya diakibatkan slang penyalur air kendur atau rusak), dan bawah mesin cuci (biasanya terjadi karena lubang pompa air atau kebocoran selang dalam).

Baca Juga : 5 Tips Jualan di Instagram

4. Periksa Karet Mesin Cuci

Periksa karet penahan yang terdapat di saluran pembuangan, dimana karet ini memiliki fungsi untuk menahan air dan mengeluarkan air ketika tombol pembuangan dibuka.

Nah itulah beberapa hal yang harus dipastikan sebelum kalian membawa mesin cuci ke tempat service karena siapa tahu mesin cuci kalian bocor karena tersumbat atau bahkan hal sepele lainnya.

Nah jika sudah tahu penyebabnya kalian dapat klik disini untuk mengetahui cara membenarkannya.