Negara Asia Tenggara Berbentuk Kerajaan

Posbaru –  Asia Tenggara adalah Kawasan di Benua Asia bagian tenggara yang mencakup Indochina serta Semenanjung Malaya dan kepulauan sekitarnya.

Negara di kawasan Asia Tenggara juga mempunyai sistem pemerintahan yang beragam. Bahkan beberapa Negara ada yang berbentuk kerajaan, seperti:

1. Malaysia

Negara yang terletak di utara Indonesia ini berbentuk federal dengan 13 negara bagian dan 3 wilayah federal.

Selain itu, Kepala Negara di Malaysia akan dipilih secara bergilir setiap 5 tahun sekali dari Raja atau Sultan yang ada di setiap negara bagian. Sehingga, setiap negara bagian yang dipimpin oleh Sultan atau Raja dapat mengirim perwakilannya untuk menjadi kepala negara.

Raja atau Sultan di Malaysia diberi gelar Yang Dipertuan Agong, Malaysia sendiri pemerintahannya di kepalai oleh seorang Perdana Menteri.

2. Thailand

Negara ini berbatasan langsung dengan negara lain yakni Laos, Kamboja, Malaysia, Teluk Siam, Myanmar, dan Laut Andaman.

Thailand merupakan negara dengan bentuk kerajaan konstitusional/Monarki Konstitusional, yang mana Raja adalah Kepala Negara dan Perdana Menteri adalah Kepala Pemerintahan.

Rajanya sendiri dipilih dari dinasti Chakri yang sudah memerintah sejak tahun 1782 dengan gelar tahta Rama.

3. Brunei

Negara yang terletak di pesisir utara pulau Kalimantan Indonesia ini hanya memiliki penduduk sekitar 400 ribu orang.

Brunei merupakan Negara dengan sistem pemerintahan Monarki Absolut yang dipimpin oleh Sultan sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan yang merangkap sebagai Perdana Menteri serta Menteri Pertahanan.

Selama menjabat, Sultan akan dibantu oleh oleh Dewan Penasihat Kesultanan serta beberapa Menteri.

Baca Juga: Kapitalisme: Pengertian, Keuntungan dan Kerugian

4. Kamboja

Negara dengan penduduk 15 juta jiwa ini adalah Negara dengan bentuk Monarki Konstitusional, yang mana Negara ini merupakan penerus dari Kekaisaran Khmer.

Raja di Negara ini dipilih oleh para tokoh diantara anggota keluarga kerajaan.