Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis

Posbaru – Pengertian Olahraga adalah aktivitas yang mempunyai tujuan tertentu seperti melatih tubuh untuk kesehatan jasmani maupun rohani.

Secara umum, olahraga merupakan bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur melibatkan gerakan tubuh untuk mendapatkan sebuah hasil yang baik.

Olahraga dapat dilakukan oleh semua kalangan dari anak-anak hingga lanjut usia asalkan mampu, selain itu olahraga juga telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Menurut Wikipedia, olahraga merupakan suatu kegiatan yang digunakan untuk melatih tubuh seseorang secara jasmani dan rohani agar terlihat bugar ketika beraktivitas sehari-hari, olahraga juga dapat melatih sistem kejiwaan untuk bisa fokus berkonsentrasi.

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Cholik Mutohir

Olahraga adalah proses sistematik yang terdiri dari setiap kegiatan yang dapat mengembangkan potensi jasmaniah dan rohaniah serta olahraga mempunyai ideologi utuh dan berkualitas untuk mengembangkan prestasi manusia berupa permainan dan pertandingan berdasarkan pada dasar negara dan pancasila.

Dewan Olah Raga Eropa

Olahraga adalah aktivitas spontan yang dilakukan bebas dengan mencari waktu luang untuk pergerakan tubuh demi menjaga kesehatan jasmani dan rohani serta nantinya tubuh akan terasa ringan dan segar dengan bantuan suplai oksigen menuju otak yang tidak terhambat.

Hans Tandra

Olahraga adalah gerakan tubuh teratur dengan irama yang bertujuan memperbaiki kebugaran tubuh serta berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh agar kesehatannya terjaga.

Jessica Dolland

Olahraga adalah media pereda stress terbaik yang pernah ada sebab olahraga dapat mengalihkan pikiran seseorang dari rasa khawatir dengan jalan meredakan ketegangan otot pada tubuh.

Kathryn Marsden

Olahraga adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dapat mengurangi stress yang mudah dilakukan oleh manusia dengan biaya yang murah.

Suryanto Rukmono

Olahraga adalah suatu kegiatan atau aktivitas melatih tubuh manusia agar lebih sehat dan kuat baik secara jasmani dan rohani.

Seno Gumira Ajidarma

Olahraga adalah kegiatan atau aktivitas menyehatkan tubuh serta sarana kompetisi untuk mencari bakat seseorang dalam bidang olahraga.

Tujuan dan Manfaat Olahraga

Olahraga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja otak supaya bisa bekerja maksimal sebab kondisi fisik yang bugar dapat membuat daya pikir menjadi lebih baik.

Sebagian orang berpendapat, olahraga juga bertujuan untuk hobi atau mengurangi stress akibat rutinitas dan beban pikiran sehari-hari.

Sebenarnya olahraga mempunyai banyak tujuan dan manfaat yang bisa diraih, adapun beberapa tujuan dan manfaat tersebut ialah.

  • Mengasah kemampuan jasmani.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Meningkatkan kebugaran.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Tingkatkan energi.
  • Mengasah daya pikir otak.
  • Kurangi risiko penyakit.
  • Kurangi stress.
  • Dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Bangga ! 5 Olahraga Tradisional Indonesia yang Mendunia

Jenis-Jenis Olahraga

1. Olahraga Modern

Olahraga modern adalah segala kegiatan atau usaha yang bisa mendorong seseorang mengembangkan dan membina potensi jasmani maupun rohani dengan proses sistematik baik perorangan atau anggota dalam bentuk permainan dan pertandingan yang peraturannya berubah seiring perkembangan zaman serta teknologi.

Contoh cabang olahraga modern yakni Airsoftgun, Aeromodeling, balap motor, balap mobil, parkour, dan lain sebagainya.

2. Olahraga Tradisional

Olahraga tradisional adalah permainan asli masyarakat yang merupakan aset budaya serta mempunyai unsur olah fisik tradisional. Beberapa contoh olahraga tradisional yang ada di Indonesia yakni Pencak Silat, Sepak Takraw, Karapan Sapi, Pacu Jalur, dan lain sebagainya.

Itulah pengertian olahraga menurut para ahli, tujuan dan manfaat olahraga, serta jenis-jenis olahraga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian.