Para Menteri ASEAN Bahas Penguatan Transportasi

Jakarta, Posbaru – Para Menteri Kawasan ASEAN-China membahas penguatan sistem transportasi dan logistik dalam upaya menekan angka penyebaran COVID-19 dan mendorong pemulihan ekonomi.

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub). Menyampaikan bahwa Indonesia mendorong Negara ASEAN-China untuk merumuskan tindakan bersama dan langkah-langkah strategis di sektor transportasi agar membangun ketahanan terhadap pandemi, serta berbagi praktik dan pengalaman terbaik tentang tindakan yang diputuskan pada sektor tersebut.

Ia juga menyampaikan tekad Indonesia dalam memastikan sistem logistik dan konektivitas transportasi berjalandenganbaik khususnya di kawasan ASEAN.

Komitmen tersebut yakni, memastikan pelabuhan tetap terbuka untuk memberikan prioritas pada transportasi logistik, memberi perhatian terhadap situasi yang dihadapi oleh pelaut yang terjebakdi kapal asing dengan membuat standard operational prochedure (SOP) tentang pemulangan pelaut Indonesia agar bisa pulang dengan aman dan selamat sesuai dengan pedoman kesehatan.

Kemudian komitmen selanjutnya adalah, menetapkan masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mengatur pengendalian transportasi dengan penerapan pedoman kesehatan untuk memfasilitasi masyarakat agar bisa tetap produktif dengan aman dari COVID-19, yang bertujuan untuk memutas kembali roda perekonomian.

Adapun di masa pandemi ini, Indonesia tetap melakukan upaya peningkatan konektivitas nasional, salah satunya adalah menyelesaikan masterplan pembangunan Bandara Internasional Baru di Bali Utara, yang mencakup pengoperasian jalur bus dan kereta api. Hal tersebut dilakukan untuk memperluas konektivitas karena Bali merupakan destinasi wisata unggulan.

Dalam kesempatan tersebut, Indonesia menwarkan kerjasama pengembangan transportasi untuk rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur, yang mengusung konsep Smart System Smart Mobility, berkelanjutan serta ramah lingkungan.

Menurut Budi, kerjasama transportasi ASEAN-China sangat diperlukan agar segera mendorong ekonomi, baik regional maupun Global.