Pemanasan Global, Penyebab, Dampak, & Cara Mengatasinya

Posbaru – Secara umum, Pengertian Pemanasan Global (Global Warming) atau Climate Change adalah memanasnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di Bumi, yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Akibat suhu yang terus memanas membuat beberapa wilayah di Bumi mengalami perubahan yang ekstrem, bahkan laporan NASA menyebutkan bahwa suhu Bumi sudah melonjak 7º C lebih panas dari 5 ribu tahun yang lalu.

Selain itu, peningkatan suhu Bumi juga bisa menyebabkan perubahan pada beberapa hal contohnya permukaan laut yang naik, jumlah serta pola presipitasi yang berubah, dan lain sebagainya.

Penyebab Pemanasan Global

Ada berbagai hal yang menjadi penyebab pemanasan global (global warming) namun salah satu yang menjadi fokus utama adalah efek rumah kaca.

Efek Rumah Kaca adalah. Sinar matahari yang seharusnya terpantul ke luar angkasa, tidak bisa dipantulkan dengan sempurna sehingga sinar (panas) tetap berada dalam atmosfer (dipantulkan kembali ke Bumi).

Hal itu karena kadar berlebih dari Karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida, dan metana yang menutupi permukaan Bumi layaknya kaca, dimana gas-gas tersebut pada akhirnya membuat sinar matahari atau panas matahari tetap berada di dalam atmosfer bumi (dipantulkan kembali ke Bumi) yang menyebabkan meningkatkan suhu panas di Bumi.

Efek Rumah Kaca sendiri memang memberikan manfaat untuk menghangatkan Bumi agar tidak diselimuti dingin berlebih, namun jika berlebihan kadarnya maka terjadilah pemanasan global yang tentunya sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup makhluk di Bumi.

Selain itu ada lagi penyebab lainnya yakni variasi matahari, penggunaan cfc yang berlebih, penggundulan hutan, dan lain semacamnya.

Dampak Pemanasan Global

1. Naiknya Permukaan Air Laut

Hal ini terjadi karena es di daerah kutub telah mencari dan menyebabkan volume air laut bertambah, bahkan menurut beberapa penelitian tinggi permukaan air laut di Bumi sudah meningkat kurang lebih 10-25 cm.

2. Iklim Tidak Stabil

Pemanasan global menyebabkan iklim yang tidak stabil hal ini dapat kalian temukan dengan mudah, sebab iklim saat ini tidak bisa diperkirakan contohnya yang biasanya bulan tertentu hujan namun tidak terjadi hujan, begitupun sebaliknya yang biasanya bulan tertentu kemarau malah terjadi hujan.

3. Gangguan Ekologis

Berbeda dengan manusia yang berusaha bertahan, hewan dan tumbuhan akan bermigrasi (mengubah arah pertumbuhan) ke tempat yang lebih mendukung, namun jik sudah tidak ada lagi tempat yang mendukung kehidupannya maka otomatis beberapa spesies hewan maupun tumbuhan akan punah.

4. Penyakit Baru

Menurut beberapa sumber dari tahun 1976-2008 sudah ada kurang lebih 30 jenis penyakit baru yang muncul dari mulai HIV hingga DBD bahkan tahun 2020 yang lalu muncul sebuah virus baru yakni COVID-19. Hal ini tentu merupakan salah satu tantangan terbesar, sebab beberapa penyakit sangat susah untuk disembuhkan bahkan beberapa juga belum ditemukan obatnya.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

  • Mengurangi energi fosil (minyak bumi, gas, batubara, dan lainnya)
  • Menggunakan energi ramah lingkungan
  • Menggunakan kendaraan listrik, sepeda, atau transportasi umum
  • Melakukan konservasi lingkungan seperti reboisasi dan lain semacamnya
  • Mendaur ulang sampah
  • Menanam pepohonan di rumah
  • Menghemat penggunaan air bersih
  • Menjaga ekosistem sekitar dan masih banyak lagi lainnya

Itulah pengertian pemanasan global (global warming) atau Climate Change lengkap dengan penyebab dampak serta cara mengatasinya. Semoga dengan membaca artikel ini kalian akan lebih mencintai Bumi kita dan menjaga lingkungan sekitar.