Pemda Provinsi Jabar Kawal Langsung Penyaluran Bansos

Kota Bandung, Posbaru – Secara simbolis, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) salurkan bantuan tunai pemerintah pusat pada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di Aula Timur Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (4/1/2021).

Bantuan tersebut berasal dari tiga program yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST), yang mana bantuan tersebut selanjutnya akan disalurkan oleh Bank yang tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank Negara).

“Kami simbolis menyerahkan bantuan tunai (pemerintah pusat) serentak antara lain PKH, Kartu Sembako, dan Bantuan Sosial  Tunai,” ucap Kang Emil.

Ia menyampaikan, bantuan PKH diberikan kepada 1 juta lebih kepala keluarga, kemudian untuk bantuan sembako pada 3 juta lebih kepala keluarga dan bantuan sosial tunai diberikan kepada 2 juta lebih kepala keluarga.

Kang Emil juga, meminta perbankan untuk memastikan tidak ada antrean masyarakat serta selalu menerapkan protokol kesehatan, dan juga menginstruksikan Dinas Sosial Provinsi Jabar untuk berkoodinasi dengan Himbara terkait manajemen penyaluran.

“Antrean tidak boleh sembarangan, jangan sampai berkerumun, pelayanan terlalu lama, yang nantinya menimbulkan masalah baru,” katanya.

Dirinya juga memastikan bahwa Pemda Provinsi Jabar akan mengawal secara langsung penyaluran bantuan agar ketika dilapangan tidak ada potongan dengan alasan apapun.

“Presiden memberikan arahan agar Pemda mengawal langsung memastikan tidak ada potongan dengan alasan apapun. Kalau ada kita akan tindak secara tegas dan masuk ranah pidana,” ucap Kang Emil. 

Kang Emil berpesan kepada penerima bantuan agar membelanjakan bantuan untuk kebutuhan poko yang sifatnya primer agar ketahanan keluarga dapat terjaga dan ekonomi bergerak.