Pemerintah Perbolehkan Salat Iduladha Asalkan…

Jakarta, Posbaru – Menjelang Hari Raya Iduladha 1441 H, pemerintah Republik Indonesia memutuskan memperbolehkan menyelenggarakan salat Iduladha dan penyembelihan dengan syarat harus memenuhi ketentuan yang diatur dalam Surat Edaran Menteri Agama.

Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) menyebutkan, syarat diperbolehkannya penyelenggaraan Iduladha adalah kelayakan tempat yang dilihat dari status zona.

Hal tersebut sesuai dengan masukan Menteri Agama, yakni menetapkan zona adalah informasi detil dari Gugus Tugas pada level yang paling kecil dari tiap zona. Contohnya ada suatu daerah yang dinyatakan berstatus zona merah namun di dalam daerah tersebut ada satu desa berstatus zona hijau. Untuk itu Gugus Tugas Daerah yang akan menentukan.

Selain itu, pihaknya akan mempertimbangkan kemungkinan penyebaran COVID-19 akibat warga yang mudik. Agar bisa mengantisipasi timbulnya kluster baru pada Iduladha.

Kemudian untuk hal yang operasional dari yang sudah ditetapkan akan dirincikan oleh kementrian/lembaga terkait.

Muhadjir mengatakan, yang terpenting adalah pengontrolan yang dijalankan dengan baik agar tidak menimbulkan kluster baru.