Pemerintah Terbitkan PP No 74 Tahun 2020

Jakarta, Posbaru – Pemerintah Republik Indonesia menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2020 tentang Lembaga Pengelola Investasi yang mana PP tersebut telah ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 14 Desember 2020.

Dalam PP yang dapat diakses melalui jdih.setkab tersebut dijelaskan bahwa Lembaga Pengelola Investasi (LPI) merupakan lembaga yang mempunyai kewenangan khusus dalam rangka pengelolaan Investasi Pemerintah Pusat sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

LPI sendiri adalah Badan Hukum Indonesia yang sepenuhnya dimiliki Pemerintah Indonesa dan bertanggung jawab kepada Presiden, yang mana berfungsi mengelola investasi dan bertugas merencanakan, menyelenggarakan, mengawasi, mengendalikan, dan mengevaluasi investasi.

Sebagaimana disebutkan pada Pasal 7 ayat (1), adapun kewenangan LPI adalah :

  1. Melakukan penempatan dana dalam instrumen keuangan
  2. Menjalankan kegiatan pengelolaan aset
  3. Melakukan kerjasama dengan pihak lain termasuk entitas dana perwalian
  4. Menentukan calon mitra investasi
  5. Memberikan dan menerima pinjaman; dan/atau
  6. Menatausahakan aset

Dalam Pasal 7 ayat (2) kewenangan LPI bisa melakukan kerjasama dengan mitra investasi, manajer investasi, BUMN, badan atau lembaga pemerintah, dan/atau entitas lainnya baik dalam maupun luar negeri.

Adapun PP Nomor 74 Tahun 2020 ini telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H.Laoly pada tanggal 15 Desember 2020.

Anda Mungkin Suka