Pencuri Data Milik Denny Siregar Merupakan Karyawan Telkomsel

Posbaru – Kepolisian telah menangkap pelaku pembocor data pribadi milik pegiat sosial media Denny Siregar, pelaku berinisial FPH tersebut ditangkap pihak Kepolisian pada Kamis (9/7) di Surabaya, Jawa Timur.

Pelaku mengaku membocorkan data Denny Siregar karena tidak suka dengannya dan pernah di bully di media sosial oleh pendukung Denny.

Adapun pelaku merupakan karyawan outsourcing GraPARI Telkomsel Rungkut Surabaya, oleh sebab itu Ia memiliki akses membuka data pribadi pelanggan Telkomsel yakni Denny Siregar.

Pelaku juga dilaporkan oleh pihak Telkomsel sendiri atas dugaan mengakses sistem secara tidak sah. Setelah pelaku ditangkap Telkomsel memberikan apresiasi Kepada Direktorat Tindak Pidana Siber atas upaya penindak lanjutan laporan resmi dari pihaknya.

Menurut Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel, Andi Agus Akbar mengatakan, Pihaknya siap dan akan terus bekerjasama dan berkoordinasi untuk mendukung kelancaran proses penyidikan.

Selain itu, Pihak Telkomsel juga sangat menyayangkan aksi pelaku yang telah mengakses data pelanggan secara illegal, dan menekankan bahwa perlindungan dan keamanan data milik pelanggan adalah prioritas utama bagi pihaknya.

Kemudian pihak Telkomsel juga menyebutkan, tidak akan mentolerir perbuatan pelaku dan akan memberikan sanksi tegas serta memprosesnya sesuai hukum di Indonesia.

Sementara itu, Polisi menyita barang bukti dari pelaku berupa handphone dan satu perangkat komputer, menurut kepolisian setempat, pelaku akan dijerat dengan Pasal 46 UU No 11/2008 Tentang ITE atau Pasal 50 UU No 36/1999 Tentang Telekomunikasi dan atau Pasal 362 KUHP, Pasal 95 UU No 24/2013 Tentang Administrasi Kependudukan dengan ancaman pidana paling lama 10 tahun penjara atau denda sebesar Rp10 miliar.

Untuk diketahui, pada sebelumnya kebocoran data pribadi milik Denny Siregar bermula dari akun Twitter @Opposite6891 yang memposting data pribadi milik Denny Siregar berupa Nama, Alamat, NIK, KK, IMEI, OS, Hingga jenis perangkat.