Pengertian Administrasi, Unsur, Fungsi, dan Tujuannya

Posbaru – Secara umum, pengertian administrasi adalah usaha maupun kegiatan yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan yang bertujuan mencapai sebuah target atau organisasi, sehingga administrasi mempunyai peran yang penting bagi aktivitas perusahaan atau organisasi.

Selain itu, terdapat beberapa pengertian lain dari administrasi diantaranya adalah sebagai berikut:

Secara luas, administrasi merupakan proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang bertujuan mencapai sebuah target, dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, sementara pengertian administrasi secara sempit adalah, aktivitas catat-mencatat, pembukuan, dan kegiatan lain yang bersifat tata usaha.

Jadi administrasi adalah kegiatan kerja sama individu atau kelompok, untuk mencapai tujuan yang di inginkan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama.

Fungsi Administrasi

Terdapat beberapa fungsi administrasi yang harus kalian pahami, yakni:

1. Perencanaan

Adalah kegiatan mengumpulkan data dan mengolah data lalu menyusunnya menjadi sebuah perencanaan.

2. Penyusunan

Merupakan kegiatan penyusunan untuk membangun komunikasi yang mudah di pahami antar anggota, agar bisa mencapai tujuan sebuah organisasi maupun perusahaan.

3. Koordinasi

Sebuah upaya yang dilakukan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan baik, sehingga setiap anggota dapat bekerja sama.

3. Laporan

Aktivitas yang menyampaikan perkembangan dan hasil dari sebuah kegiatan yang diberikan oleh anggota atau karyawan kepada atasannya secara tertulis.

4. Pembuatan Anggaran

Merupakan kegiatan perencanaan anggaran untuk meningkatkan kinerja, sehingga dapat mewujudkan cita-cita suatu organisasi maupun perusahaan.

5. Penempatan Posisi

Adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya manusia meliputi perekrutan tenaga ahli, kebutuhan perlengkapan, dan pengembangan.

6. Bimbingan

Interaksi dengan anggota maupun karyawan yang berbentuk bimbingan, perintah, maupun saran dengan tujuan agar tugas dapat dilakukan dengan baik.

Baca Juga: Peta: Pengertian, Unsur, dan Jenisnya

Tujuan Administrasi

Umumnya, administrasi terbagi menjadi 2 jenis yakni administrasi negara dan niaga, yang mana kedua jenis tersebut mempunyai tujuan berbeda yaitu:

a. Administrasi Negara

Bertujuan untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan cita-cita atau harapan yang di atur dalam undang-undang yang berlaku.

b. Administrasi Niaga

Bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya, dan tidak selalu terikat dengan ketentuan yang berlaku.

Unsur Administrasi

Dalam administrasi niaga, terdapat beberapa unsur penting yang perlu kalian ketahui yaitu:

1. Organisasi

Adalah tempat kegiatan administrasi dilakukan, jadi orang-orang yang bekerja di dalamnya akan dihimpun atau dikumpulkan menjadi sebuah wadah.

2. Manajemen

Merupakan alat dalam pelaksanaan administrasi, yang di dalamnya terdapat pengatur, penggerak, manajer, dan tenaga ahli.

3. Komunikasi

Kegiatan yang mengatur pola komunikasi antar departemen yang ada dalam sebuah organisasi.

4. Kepegawaian

Proses yang meliputi penerimaan (perekrutan), pendayagunaan, dan pemberhentian sumber daya manusia.

5. Keuangan

Aktivitas yang  berkaitan dengan pembiayaan kontrak kerja sama, mulai dari cara memperoleh data hingga tanggung jawabnya.